Nama-Nama 25 Nabi Dan Rasul Yang Wajib Diketahui

Posted on

Nama-Nama 25 Nabi Dan Rasul Yang Wajib Diketahui – Sebagai orang Muslim, tentu kita sudah sejak dini mengenal nama-nama Nabi dan Rasul. Selain di rumah, di TPA, Pesantren, pasti kita juga mengenalnya dari bangku sekolah. Nah, masih inget kan sahabat semua tentang nama-nama 25 Nabi dan Rasul yang sering kali ada kekeliruan antara Zulkifli dulukah atau Syu’aib dulu setelah Nabi Ayyub.

Sebelum kita membahas tentang nama-nama Nabi dan rasul, ada baiknya kita mengulas kembali tentang pengertian dan perbedaan Nabi dan Rasul. Berikut Selengkapnya.

Pengertian Dan Perbedaan Nabi & Rasul

Yang dimaksud dengan Nabi adalah seorang hamba Allah yang diberikan kepercayaan dan wahyu oleh Allah SWT, namun tidak diperintahkan untuk menyampaikan wahyunya kepada kaum atau umatnya. Akan tetapi, wahyu itu diberikan hanya untuk diamalkan oleh dirinya sendiri dan tidak ada keharusannya untuk disampaikan kepada umatnya.

Sedangkan Rasul adalah seorang hamba Allah yang telah diberikan kepercayaan dan diberi wahyu oleh Allah SWT untuk diamalkannya dan kemudian wajib disampaikan kepada kaum atau umatnya.

Adapun perbedaan antara Nabi dan Rasul yakni sebagai berikut:

  • Nabi memperoleh wahyu hanya untuk dirinya sendiri, sedangkan Rasul tidak hanya untuk dirinya sendiri melainkan juga untuk disampaikan kepada seluruh umatnya.
  • Jumlah Nabi sangat banyak bahkan ratusan ribu, tetapi jumlah Rasul sangat sedikit. Namun, yang wajib diketahui hanya 25 Nabi. Jumlah Nabi itu sekitar 124.000 sedangkan Rasul berjumlah 312.
  • Nabi yang pertama kali diutus ke muka bumi ialah Nabi Adam a.s, sedangkan Rasul pertama ialah Nabi Nuh a.s., sedangkan penutup para Nabi dan Rasul adalah Nabi Muhamad saw.
  • Setiap Nabi belum tentu Rasul, tetapi Rasul sudah pasti seorang Nabi.
  • Jenjang kerasulan lebih tinggi dibandingkan jenjang kenabian.
Nama-Nama 25 Nabi Dan Rasul Yang Wajib Diketahui
Nama-Nama 25 Nabi Dan Rasul Yang Wajib Diketahui

Nama-Nama 25 Nabi Dan Rasul

1. Adam a.s

Adam a.s adalah manusia pertama sekaligus Nabi pertama di muka bumi ini. Beliau dijadikan oleh Allah dari tanah yang dibentuk serupa dengan manusia, kemudian ditiupkan ruh kepadanya sehingga hiduplah beliau. Seluruh umat manusia berasal dari Nabi Adam a.s bukan dari makhluk lainnya. Nabi Adam sebelumnya tinggal di Surga, karena terbujuk oleh rayuan Iblis maka Adam dan Hawa istrinya turun ke bumi. Oleh karena itulah Iblis merupakan musuh yang nyata bagi manusia. Iblis memohon untuk dipanjangkan umurnya demi menggoda dan membujuk anak cucu Adam menuju kesesatan. Silakan baca kisah Nabi Adam selengkapnya dalam artikel sebelumnya yaitu Kisah Nabi Adam Dan Siti Hawa Terlengkap.

2. Idris a.s

Nabi Idris a.s adalah keturunan Nabi Syits, anak bungsu Nabi Adam. Beliau diangkat derajatnya ke tempat yang tinggi oleh Allah SWT karena kesabaran dan ketaqwaannya kepada Allah. Dialah orang yang mula-mula mengetahui bermacam-macam ilmu keduniaan dan berani memerangi orang-orang durhaka. Beliau diberi gelar As’adul usud yang artinya Singa dari segala Singa.

3. Nuh a.s

Nabi Nuh adalah seorang Nabi utusan Allah yang tidak pernah bosan menyeru kepada kaumnya, meskipun sedikit sekali diantara mereka yang mau beriman kepada Allah. Kebanyakan kaumnya tidak mau tunduk bahkan membencinya. Beliau diutus kepada kaumnya dan hidup bersama kaumnya selama 950 tahun. Beliau adalah seorang Nabi yang sering menangis, karena memikirkan kaumnya yang sangat mendurhakai Allah. Namun Allah telah berjanji siapapun yang mendurhakai-Nya pasti akan mendapatkan azab yang pedih.

4. Hud a.s

Beliau adalah cucu Nabi Nuh a.s. yang diutus oleh Allah kepada kaum ‘Ad untuk menyerukan kebenaran. Kaum ‘Ad adalah kaum yang amat takabur karena merasa dirinya amat hebat dan pandai membuat bangunan-bangunan yang kokoh, dan mereka penyembah berhala yang tidak dapat berbicara dan mendengar. Akhirnya azab Allah menimpa kaum ‘Ad sehingga mereka binasa.

5. Saleh a.s

Nabi Saleh adalah keturunan Tsamud bin Amir bin Iram bin Sam bin Nuh. Kaum Nabi Saleh disebut kaum Tsamud, kaum yang sangat sombong dan durhaka kepada Allah. Karenanya Allah segera mendatangkan adzab kepada mereka. Meskipun azab menimpa kaum Tsamud, tetapi Nabi Saleh dan para pengikutnya yang beriman diselamatkan oleh Allah SWT.

6. Ibrahim a.s

Nabi Ibrahim adalah anak Azar keturunan Sam bin Nuh yang dilahirkan ditengah-tengah kaumnya yang musyrik dan kafir kepada Allah SWT. Raja Namrud yang zalim telah menghukum Nabi Ibrahim dengan dibakar hidup-hidup setelah Nabi Ibrahim menghancurkan berhala-berhalanya. Tetapi Allah melindunginya dari panasnya api.Nabi Ibrahim memiliki 2 istri yang masing-masing menurunkan satu anak yaitu Ishaq dan Ismail.

7. Luth a.s

Kaum Nabi Luth mendiami daerah Palestina yang bernama Sadum. Kaumnya yang memiliki perilaku keji dan tidak senonoh, laki-laki yang enggan menikahi wanita, tetapi menaruh birahi kepada sesama jenis. Meskipun berulang kali Nabi Luth menyeru dan memperingatkan, namun kaumnya tidak menghiraukan sama sekali bahkan mengejek dan menentangnya. Akhirnya, kaum Sadum beserta penduduknya dibinasakan oleh Allah SWT. Nabi Luth dan kelurga serta para pengikutnya mendapat perlindungan dari Allah SWT, kecuali istrinya yang termasuk orang-orang durhaka dan dibinasakan.

8. Ismail a.s

Nabi Ismail adalah putra Nabi Ibrahim dari istrinya yang bernama Siti Hajar. Mereka adalah orang yang mula-mula mendiami kota Mekkah dan orang pertama kali yang membangun Baitullah (Ka’bah). Nabi Ismail memiliki keturunan yang banyak dan anak cucunya menjadi orang-orang baik. Wasiat Nabi Ibrahim dan Ismail kepada anak cucunya adalah “hendaknya mereka semua tetap dalam agama Islam“.

9. Ishaq a.s

Nabi Ishaq adalah putra Nabi Ibrahin dari istrinya yang bernama Siti Sarah. Kata Ishaq berasal dari bahasa Ibrani yang artinya tertawa.  Dinamakan demikian karena ibunya tertawa saat Malaikat Jibril memberitakan tentang akan lahirnya Ishaq darinya, sedangkan usianya ketika itu sudah tua. Nabi Ishaq dikaruniai keturunan yang banyak, sampai kepada nabi-nabi Bani Israil termasuk Nabi Isa a.s.

10. Ya’qub a.s

Ya’qub adalah anak Nabi Ishaq. Beliau diutus ke negeri Kan’an untuk menyeru manusia agar menyembah Allah Yang Maha Esa. Ketika usianya sudah tua, beliau pindah ke negeri Mesir mengikuti putranya yang bernama Yusuf yang ketika itu menjadi pembesar disana. Di negeri Mesir inilah Nabi Ya’qub meninggal dunia dalam usia 147 tahun dan darinyalah keturunan Bani Israil tersebar di Mesir.

11. Yusuf a.s

Nabi Yusuf adalah seorang Rasul yang memiliki wajah rupawan dan berbudi pekerti. Allah memberikan ujian kepadanya sejak kecil, namun karena kesabaran Nabi Yusuf yang luar biasa, akhirnya beliau menjadi pembesar di negeri Mesir. Atas izin Allah beliau dapat menakwilkan mimpi. Beliau juga memiliki kekuatan iman yang luar biasa sehingga dapat menolak bujukan Zulaiha yang sangat menginginkannya.

12. Ayyub a.s

Beliau adalah hamba Allah yang sangat sabar dan taqwa kepada Allah. Beliau mendapatkan ujian sampai habis segala harta dan anak-anaknya, hingga penyakit kulit yang datang menimpanya amat dahsyat. Karena penyakit itulah ia dijauhi oleh kaumnya, termasuk istrinya yang terbujuk oleh rayuan syetan. Yang terpenting dalam meneledani kisah Nabi Ayub adalah kesabaran dan ketaqwaannya kepada Allah SWT sangat luar biasa.

13. Dzulkifli a.s

Nabi Dzulkifli adalah anak Nabi Ayyub yang semula namanya beliau adalah Basyar. Beliau menjalankan tugasnya sebagai raja dengan penuh kesabaran. Beliau dapat mengatur waktunya dengan sangat baik dan teratur. Allah menempatkan beliau kedalam golongan orang-orang sholeh dan sabar.

14. Syu’aib a.s

Nabi Syu’aib diutus oleh Allah untuk menyeru kaumnya di negeri Madyan. Penduduk negeri itu sangat durhaka kepada Allah dan tidak mau mendengar seruan Nabi Syu’aib. Maka Allah menimpakan azab kepada mereka yang ingkar dengan gempa bumi dan petir sehingga mereka binasa. Sebelum azab Allah datang, Nabi Syu’aib dan pengikutnya yang beriman hijrah ke Aikah dekat Madyan. Allah tidak akan pernah ragu mendatangkan azab kepada hamba-hamba-Nya yang ingkar dan melindungi hamba-hamba-Nya yang beriman.

15. Musa a.s

Nabi Musa adalah anak Imran dan Yukabad. Beliau bersudara dengan Nabi Harun a.s. Nabi Musa dilahirkan pada zaman pemerintahan Raja Fir’aun. Seorang raja zalim, takabur, bahkan mengaku dirinya sebagai Tuhan. Siapa saja yang tidak menuruti semua perintahnya, maka mati adalah hukumannya. Nabi Musa yang lahir di tengah masyarakat yang tak berperikemanusiaan itu akhirnya diasuh oleh istri Fir’aun (Siti Asiah). Nabi Musa diberikan kitab Taurat dan dengan kuasa Allah, Nabi Musa dapat menaklukan Fir’aun dan para pengikutnya. Allah menenggelamkannya beserta para pengikutnya ke Laut Merah.

16. Harun a.s

Nabi Harun diutus untuk membantu tugas kerasulan Nabi Musa a.s. Ketika pergi ke Gunung Sinai, Nabi Musa menitipkan kaumnya kepada Nabi Harun. Selama ditinggalkannya, umat Nabi Musa kembali murtad dan lupa diri. Nabi Harun telah berusaha sekuatnya untuk mencegah umatnya kala itu dari kemurtadan, namun mereka menentangnya. Sekembalinya Nabi Musa pada kaumnya dan melihat kaumnya kembali murtad, beliau sangat marah kepada Nabi Harun karena merasa kurang mampu menjaga umatnya. Namun setelah dijelaskan, Nabi Musa akhirnya mengetahui siapa yang menjerumuskan umatnya.

17. Dawud a.s

Nabi Dawud diangkat menjadi seorang raja setelah ia berhasil membunuh Raja  Jalut yang zalim. Allah telah memberikan karunia yang besar kepada nabi Dawud diantaranya adalah suara yang sangat merdu dan kepandaiannya untuk melunakkan besi. Allah mengangkat Nabi Dawud sebagai Rasul-Nya dengan memberi kitab Zabur. Beliau meninggal di Baitul Maqdis dalam usia 100 tahun.

18. Sulaiman a.s

Beliau mewarisi kerajaan ayahnya Nabi Dawud bagi bangsa Israil. Nabi Sulaiman memiliki mukjizat yang banyak, salah satunya dapat mengetahui semua bahasa binatang. Beliau adalah Nabi yang kaya raya. Atas kekuasaan Allah, Nabi Sulaiman dapat memerintah manusia, jin dan binatang. Beliau pun berhasil mengajak Ratu Balqis dari negeri Saba’ untuk beriman kepada seruannya, yakni menyembah Allah dan akhirnya beliau menikahi Ratu Balqis. Beliau wafat dalam keadaan duduk di kursinya dan bersandar pada tongkatnya. Jenazah beliau tidak rusak selama masa yang cukup panjang. Untuk mengetahui lebis jelasnya silakan baca Kisah Nabi Sulaiman Dan Ratu Balqis Beserta Mukjizatnya.

19. Ilyas a.s

Beliau adalah keturunan yang keempat dari Nabi Harun. Beliau diutus kepada kaumnya yang menyembah “Ba’al“. Namun seruannya ditentang bahkan beliau sampai dikejar-kejar untuk dibunuh. Dalam persembunyiannya, beliau menemukan seorang pemuda yang bernama Ilyasa’ yang kemudian diangkatnya menjadi anak. Setelah dewasa, Allah mengangkat Ilyasa’ sebagai Nabi dan rasul untuk menggantikan Nabi Ilyas. Kaum Nabi Ilyas yang sangat durhaka kepada Allah akhirnya diberikan azab yang dapat membinasakan mereka.

20. Ilyasa’ a.s

Nabi Ilyasa’ adalah anak angkat Nabi Ilyas. Setelah dewasa Nabi Ilyasa’ diangkat oleh Allah menjadi Rasul-Nya. Semasa hidupnya, Bani Israil selalu patuh dan menuruti semua perintah yang diserukan kepadanya, sehingga mereka hidup aman dan makmur. Namun, setelah beliau wafat, bani Israil kembali mendurhakai Allah, sehingga Allah mencabut segala nikmat dan karunia-Nya atas mereka.

21. Yunus a.s

Beliau diutus menjadi Nabi dan rasul pada usia 30 tahun. Selama 33 tahun Nabi menyeru kaumnya untuk beriman dan menyembah Allah SWT, tak ada satupun yang mau mengikuti kecuali Rubil dan Tanukh. Kisah selengkapnya silakan baca Sejarah Nabi Yunus Secara Singkat Dan Lengkap.

22. Zakariyya a.s

Adalah keturunan Nabi Sulaiman a.s. Beliau adalah ulama besar di kalangan Bani Israil. Beliau diberi tugas untuk memelihara wanita suci yaitu Maryam anaknya Imran. Nabi Zakaria belum memiliki keturunan sampai usia 100 tahun karena istrinya Isya adalah wanita yang mandul. Beliau memohon kepada Allah agar diberi keturunan yang akan melanjutkan perjuangan dan ajarannya. Kemudian Allah SWT mengabulkan doanya, dengan memberinya seorang anak laki-laki yang bernama Yahya, yang kelak akan menjadi Nabi dan Rasul Allah SWT.

23. Yahya a.s

Beliau adalah putra Nabi Zakaria a.s dari istrinya yang bernama Isya. Karena menegakkan hukum Allah dan menentang Raja, Nabi Yahya akhirnya terbunuh dan begitupun dengan ayahnya. Allah telah memberi berkah kepada Nabi Yahya pada saat ia dilahirkan, saat ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan kembali.

24. Isa a.s

Nabi Isa adalah putra dari Maryam. Ia tak berayah, namun bagi Allah itu bukanlah perkara sulit. Ajaran yang dibawa oleh Nabi Isa sesungguhnya sama sengan ajaran Islam sekarang. Yaitu Allah Esa, tidak bersekutu dan tidak ada yang menyamai-Nya. Injil adalah kitab yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s. Sahabat Nabi Isa yang berjumlah dua belas yang disebut dengan Al-Hawariyyun. Ketika Nabi Isa dikejar-kejar oleh tentara kerajaan Herodes yang kejam sehingga beliau bersembunyi di sebuah tempat. Namun ada sahabat Nabi Isa yang berkhianat memberitahukan tempat persembunyiannya, dan akhirnya tentara kerajaan berhasil mengepung Nabi Isa. Namun Allah menyelematkan Nabi Isa dengan menggantikan wajah Yahuza (sahabatnya yang berkhianat) menyerupai Nabi Isa. Nabi Isa a.s diangkat ke langit dan usianya ketika itu 33 tahun.

25. Muhamad saw.

Beliau terlahir ke dunia dalam keadaan yatim, karena ayahnya Abdullah wafat sebelum ia dilahirkan ke dunia. Dan usia 6 tahun, beliau ditinggal oleh ibunya Siti Aminah. Sifat beliau yang suka menolong. lemah lembut, dan selalu berkata benar, sehingga beliau di beri gelar “Al-Amin” (yang dapat dipercaya). Nabi Muhamad merupakan khatamul anbiya (penutup para Nabi) yang diutus oleh Allah ke dunia sebagai khalifah yang membawa risalah paling sempurna dan diperuntukkan bagi seluruh umat manusia di dunia. Kisah selengkapnya silakan baca Sejarah Nabi Muhammad SAW Dari Lahir Sampai Wafat.

Nah itulah penjelasan singkat tentang nama-nama Nabi yang harus diimani. Semoga Nama-Nama 25 Nabi Dan Rasul Yang Wajib Diketahui ini dapat menambah pengetahuan kita dan bermanfaat bagi yang membacanya. Terimakasih 🙂

Facebook Comments