Inilah Hal Yang Harus Dilakukan Saat Anak Baru Lahir

Posted on

Inilah Hal Yang Harus Dilakukan Saat Anak Baru Lahir – Kelahiran anak dalam Islam perlu disambut dengan kalimatullah. Menyambut bayi tentu memiliki adab dan tata cara sebagaimana kita menyambut tamu. Berikut ini akan dibahas tentang hal yang harus dilakukan orangtua atau keluarga setelah bayi terlahirkan. Mulai dari mendoakannya sampai menebusnya dengan aqiqah.

 Inilah Hal Yang Harus Dilakukan Saat Anak Baru Lahir

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan saat anak baru dilahirkan.

Mendoakannya untuk memohon perlindungan dari godaan syetan yang terkutuk

Inilah doa untuk anak yang baru lahir:

doa untuk anak baru dilahirkan

Artinya: “Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan syetan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk“. (HR. Abu Dawud)

Jika anaknya perempuan, maka bacaan “U’iidzuka“diganti dengan “U’iidzuki…dst”

Mengadzani dan mengiqomatkannya

Dari Abu Hurairah r.a yang meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada seorang bayi pun dari anak Adam yang terlahir kecuali ia pasti mendapat tusukan dari setan sehingga bayi itu menangis dan menjerit karenanya, kecuali Maryam dan putranya (Nabi Isa as)“. (HR. Bukhari dan Muslim).

Syetan sudah mengikuti anak cucu Adam sejak ia terlahir dengan menusukkan ujung jarinya pada kedua mata anak yang baru terlahir. Tujuannya adalah agar dikemudian hari anak tersebut bisa menjadi pengikut setianya. Oleh karena itu, Rasulullah SAW memberikan tuntunan kepada umatnya agar terhindar dari gangguan syetan pada saat bayi terlahir dengan cara mengadzaninya.

Cara mengadzaninya tidak seperti adzan yang dikumandangkan di Masjid dengan suara lantang, namun mengadzaninya cukup dengan suara yang pelan dan merdu di telinga kanannya dan iqomat pada telinga kirinya.

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang anaknya baru dilahirkan, maka diazankan di telinga kanannya dan diiqamatkan di telinga kirinya, niscaya selamatlah anak itu dari jin dan penyakit“.

Mentahnik dengan sesuatu yang manis

Hendaklah disuapi dengan sesuatu yang manis karena Rasulullah saw. pernah menyuapi anak yang baru lahir dengan kurma. Bisa dilakukan pada hari pertama kelahiran. Bahan makanan yang disunnahkan adalah kurma bisa kurma kering, jika tidak ada kurma basah dan jika tidak ada boleh dengan madu, jika madu tidak ada boleh dengan sesuatu yang lainyang tidak terkena api.

Sebaiknya mentahnik dilakukan oleh orang sholeh sekaligus mohon untuk didoakan supaya lebih berkah. Adapun cara mentahnik yaitu dengan cara mengunyah sampai benar-benar lunak, halus dan lembut, kemudian tempelkan dengan cara menggosok-gosok atau melumurkannya ke langit-langit mulut bayi, sehingga ia dapat mencerna melalui kerongkongannya.

Memberi nama dan mencukur rambutnya

Memberikan nama yang baik untuk anak yang baru dilahirkan adalah kewajiban orangtua. Hendaklah memberikan nama yang bisa menjadi doa untuk si anak. Selain itu, mencukur rambut juga merupakan sunnah Rasul. Sebagaimana sabda Rasulullah saw: “Setiap anak terikat dengan aqiqahnya. Pada hari ketujuh disembelihkan hewan untuknya, diberi nama dan dicukur“. (HR. Tirmidzi).

Inilah Hal Yang Harus Dilakukan Saat Anak Baru Lahir
Inilah Hal Yang Harus Dilakukan Saat Anak Baru Lahir

Mengaqiqahkannya

Aqiqah ini sunnah dilakukan saat anak baru dilahirkan, yakni pada hari ke tujuh setelah hari lahirnya. Untuk anak laki-laki hendaklah disembelih dua ekor kambing, sedangkan untuk perempuan hanya seekor kambing. Jika tidak dapat dilakukan pada hari ke tujuh, boleh juga dilakukan pada hari-hari lainnya.

Binatang yang sah menjadi aqiqah sama dengan keadaan binatang yang sah untuk kurban, umurnya, macamnya, dan jangan sampai cacat. Disunnahkan untuk dimasak terlebih dahulu kemudian disedekahkan kepada fakir miskin.

Rasulullah bersabda: “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan, diberi nama dan dicukur rambutnya“. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad)

Nah itulah beberapa point penting yang harus dilakukan orangtua Muslim dalam menyambut kelahiran anaknya. Semoga artikel singkat mengenai Inilah Hal Yang Harus Dilakukan Saat Anak Baru Lahir dapat membawa manfaat dan pengetahuan bagi kita semua yang membacanya. Terimakasih 🙂

Silakan baca juga artikel menarik lainnya:

Facebook Comments