Tips Mengundang Kehadiran Malaikat Rahmat Ke Dalam Rumah

Posted on

Tips Mengundang Kehadiran Malaikat Rahmat Ke Dalam Rumah – Bunda dan sahabat muslimah, ingin tahu apakah di rumah ada malaikat atau tidak ada?. Ciri-ciri suasana rumah yang ada malaikatnya itu akan terasa damai, tenang, tentram, menyejukkan hati dan pikiran. Hubungan antara keluarga pun sangat harmonis, tidak ada kekerasan, terasa hangat dan akrab. Jika ada permasalahan akan diselesaikan dengan kepala dingin dan hati yang jernih.

Sedangkan, rumah tanpa kehadiran malaikat akan terasa gersang, kosong bagaikan tak berjiwa, hampa, tidak tenang, tidak nyaman, meskipun ada canda tawa namun tak ada yang menyentuh hati nurani. Wajar jika hubungan diantara para penghuninya kurang harmonis, terjalin komunikasi yang kasar, suara dan nada tinggi, saling menyakitkan, sering terjadi pertengkaran dan banyak menimbulkan amarah.

Bunda Ajak Anak-Anak Mengundang Malaikat Ke Rumah

Inilah yang harus bunda sampaikan kepada anak-anak, tentang pentingnya menjaga suasana rumah agar malaikat rahmat tetap bersedia hadir menaungi rumah kita dengan kedamaian. Sampaikanlah kepada mereka bahwa malaikat menyukai tempat-tempat dimana sering dilantunkannya ayat-ayat suci Al-Qur’an, sering digunakan untuk sholat, dan terus menerus dihiasi dengan dzikir serta ibadah-ibadah lainnya.

Baca juga: Kumpulan Doa-Doa Mustajab Untuk Keharmonisan Rumah Tangga

Sebaliknya, rumah yang hanya terdengar oleh musik-musik hingar bingar, tontonan seronok, gambar-gambar yang mempertontonkan aurat, gambar yang mengundang birahi, gambar binatang, patung, memelihara anjing, sehingga malaikat tidak akan betah tinggal di dalam rumah yang seperti itu dan justru syetanlah yang akan menemani dan menghuni rumah itu. Akibatnya para penghuninya saling membenci, saling menghina, mudah tersinggung dan tidak pernah memperoleh ketenangan dalam hidup.

Bunda dan sahabat muslimah, yuuuk kita gerakkan anak, suami, diri kita dan orang-orang yang berada di rumah kita untuk selalu menciptakan suasana rumah yang penuh dengan kehangatan, kebahagiaan, ketentraman dan kerukunan. Karena semua itu akan mengundang kehadiran malaikat rahmat di rumah kita.

Ajaklah anak beserta anggota keluarga untuk membaca Al-Qur’an, rutin dalam melaksanakan sholat, dan berdzikir. Batasi tontonan televisi, playsation, bermain yang tak ada manfaatnya. Isilah kehidupan dengan menanamkan nilai-nilai Islami.

Tips Mengundang Kehadiran Malaikat Rahmat Ke Dalam Rumah
Tips Mengundang Kehadiran Malaikat Rahmat Ke Dalam Rumah

Rasulullah SAW. bersabda yang artinya:

Sesungguhnya rumah itu akan terasa luas bagi penghuninya, akan didatangi malaikat, dijauhi syetan dan akan membanjir pula kebaikan ke dalamnya, jika dibacakan Al-Quran di dalamnya. Sebaliknya, rumah itu akan terasa sempit bagi penghuninya, akan dijauhi malaikat dan akan didatangi syetan serta tidak akan banyak kebaikan di dalamnya, jika tidak dibacakan Al-Quran.” (HR. Ad-Darimi).

Tidaklah sekali-kali sebuah kaum duduk dengan berdzikir kepada Allah kecuali mereka akan dikelilingi malaikat dan akan disirami rahmat dan akan turun kepada mereka ketenangan. Allah akan menyebutkan tentang mereka pada malaikat yang ada di sisi-Nya.” (HR. Muslim)

Tips Mengundang Kehadiran Malaikat Rahmat Ke Rumah

Mengundang malaikat rahmat untuk hadir dalam rumah kita itu tak semudah mengundang teman atau saudara. Namun tidak juga mustahil dan tidak juga sulit bagi orang-orang beriman.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, malaikat akan hadir untuk memberikan kehangatan, kenyamanan, keharmonisan dalam keluarga kita. Sedangkan malaikat akan turun dan masuk ke dalam rumah kita jika:

Rumah selalu dalam keadaan bersih dan rapi

Suka kebayang kan bunda, ketika rumah berantakan, bau tak sedap, tidak bersih dan kurang rapi akan membuat para pemiliknya merasa pusing, hati dan pikiran tidak tenang, malas, badmood dan merasa tidak nyaman. Begitupun malaikat, tidak akan mau masuk kedalam rumah yang bau, kotor, dan berantakan. Karena tempa-tempat kotor sudah dihuni oleh syetan. Oleh karenanya, rajin sangat dibutuhkan terutama dalam mendidik dan menanamkan kebiasaan hidup bersih untuk anak-anak kita.

Banyak membaca Al-Qur’an

Seperti hadits diatas, malaikat akan mendatangi rumah yang didalamnya dibacakan ayat-ayat Al-Qur’an. Selain sebagai penyejuk hati, obat, ketenangan dan pahala yang besar, rajin membaca Al-Qur’an juga dapat menghadirkan malaikat rahmat di rumah kita.

Banyak dzikir atau mengingat Allah

Malaikat memiliki sifat yang tak kenal lelah untuk berdzikir, bersujud dan memuji Allah SWT., sehingga malaikat sangat mencintai orang-orang yang banyak dzikir dan bersujud. Malaikat tak segan-segan menebarkan rahmat di dalam rumah yang dihiasi dengan dzikir dan memberikan ketenangan bagi para penghuninya.

Baca juga: Luar Biasa!!! 12 Amalan Ini Berpahalakan Surga

Orang-orang didalamnya berakhlakul karimah

Akhlakul karimah harus dimiliki orang-orang yang beriman, sehingga rumah yang ditempatinya akan terasa sejuk dan damai. Akhlak yang  baik seperti berkata lemah lembut, sopan santun, menghargai dan menghormati orang tua, sabar dan ikhlas, qonaah, jujur, dermawan, tidak banyak makan, gemar bershodaqoh, menyambung tali silaturahmi dan akhlakul karimah lainnya.

Bayangkan jika para penghuninya orang-orang yang ingkar, suka berbohong, banyak makan, sombong, berkata kasar, tidak ada sopan santunnya, melakukan perbuatan atas dasar kemauan sendiri dan lain sebagainya, maka didalam rumah itu akan terasa panas, tidak akrab, tidak harmonis, tidak nyaman dan membuat syetan lebih betah berada disekitar rumah itu. Dan bagaimana mungkin malaikat akan menebar rahmatnya bagi para penghuni yang tak berakhlak.

Bunda dan sahabat muslimah, mari kita benahi diri dan ajaklah orang-orang tersayang dalam rumah kita agar senantiasa selalu menjaga kebaikan-kebaikan yang mendekatkan diri pada Allah sehingga malaikat-malaikat akan bertebaran di rumah memberikan rahmat dan ketenangan lahir dan batin.

Demikian artikel tentang “Tips Mengundang Kehadiran Malaikat Rahmat Ke Dalam Rumah” semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi bunda-bunda dan sahabat muslimah semua yang akan dan menjadi madrasah pertama bagi buah hatinya. Salam ukhuwah 🙂

 Sumber bacaan : “Mengenalkan Allah Dengan Cinta“, Ninih Mutmainnah.

Facebook Comments