Kumpulan Hadits Tentang Menuntut Ilmu Terlengkap

Posted on

Kumpulan Hadits Tentang Menuntut Ilmu Terlengkap – Sahabat muslimah, kita semua pasti tahu bagaimana pentingnya menuntut ilmu, sampai Islam mewajibkan semua orang untuk menuntut ilmu. Menuntut ilmu itu tidak ada batasan usia, kecuali pendidikan formal yang membatasi usia. Namun, yang dimaksud ilmu dalam  Islam ini bukan hanya sekedar ilmu dunia, tetapi juga ilmu agama. Kita bisa mencarinya melalui pengajian, liqo’, mondok di pesantren, belajar agama dengan orang yang lebih faham dan alim dalam bidangnya.

Keistimewaan orang berilmu itu lebih besar keutamaannya daripada seribu pejuang yang mati syahid. Adapun beberapa hadits berikut ini berkaitan dengan kewajiban menuntut ilmu.

Kumpulan Hadits Tentang Menuntut Ilmu Terlengkap

Kumpulan Hadits Tentang Menuntut Ilmu Terlengkap
Kumpulan Hadits Tentang Menuntut Ilmu Terlengkap

Hadits Tentang Kewajiban Menuntut Ilmu

menuntut ilmu sejak buaian sampai ke liang lahat

Artinya: “Tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai ke liang lahat“. (HR. Muslim)

hadits menuntut ilmu

Artinya: “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki dan muslim perempuan“. (HR. Al-Baihaqi)

tuntutlah ilmu walau sampai ke negri cina

Artinya: “Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri China“. (HR. Anas bin Malik)

hadits-tentang-menuntut-ilmu-300x24

Artinya: “Barang siapa berangkat dari tempat kediamannya demi menuntut ilmu pengetahuan Agama, berarti ia berada di jalan Allah hingga ia kembali atau pulang”. (HR. At-Tirmidzi)

hadits ilmu

Artinya: “Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu“. (HR. At-Tirmidzi)

hadits mengajarkan alquran

Artinya: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya“. (HR. Bukhari)

hadits ilmu yang bermanfaat

Artinya: “Apabila manusia telah meninggal dunia maka terputuslah semua amalannya kecuali tiga perkara yaitu: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendoakannya“. (HR. Muslim)

hadits dimudahkan jalannya jika menuntut ilmu

Artinya: “Barang siapa yang menempuh perjalanan untuk menuntut ilmu. Niscaya Allah memudahkan jalannya menuju surga“. (HR. Muslim dan At-Tirmidzi)

hadits ilmu1

Artinya: “Jadilah engkau orang yang berilmu atau orang yang belajar atau orang yang mau mendengarkan ilmu, atau orang yang menyukai ilmu. Dan janganlah engkau menjadi orang yang kelima maka kamu akan celaka“. (HR. Al-Baihaqi)

Menuntut ilmu itu adalah taqwa, menyampaikannya adalah ibadah, mengulang-ulangnya adalah dzikir dan mencarinya adalah jihad (Imam Al-Ghazali)

Itulah beberapa Kumpulan Hadits Tentang Menuntut Ilmu Terlengkap, Dan masih banyak hadits-hadits lainnya yang berkaitan dengan perintah dan kewajiban menuntut ilmu. Silakan baca juga Keutamaan Dan Keistimewaan Ilmu Dalam Islam Beserta Haditsnya pada artikel sebelumnya. Semoga kumpulan hadits ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Sekian terimakasih 🙂

Facebook Comments