Inilah Alasan Mengapa Muslimah Dianjurkan Membawa Mukena

Posted on

Inilah Alasan Mengapa Muslimah Dianjurkan Membawa Mukena – Biasanya disetiap hendak bepergian, wanita selalu sibuk mempersiapkan peralatan make up nya, seperti lipstick, bedak, kaca atau cermin yang lebih utama dan harus selalu dibawa. Tapi ternyata ada yang jauh lebih penting, yaitu mukena. Bagi Muslimah mukena atau telekung merupakan salah satu perlengkapan yang seharusnya dibawa setiap kali bepergian keluar rumah.

Saat ini sering kita lihat muslimah yang beraktifitas di luar rumah baik itu di sekolah, kantor, maupun jalan- jalan. Namun masih jarang kita temui muslimah yang membawa mukena ketika mereka berada di luar rumah. Mereka lebih memilih mengunakan mukena yang telah disediakan dalam masjid atau mushola bahkan ada diantara mereka yang menunda shalat hingga pulang ke rumah.

Inilah Alasan Mengapa Muslimah Dianjurkan Membawa Mukena
Inilah Alasan Mengapa Muslimah Dianjurkan Membawa Mukena

Inilah Alasan Mengapa Muslimah Dianjurkan Membawa Mukena

Membawa mukena bagi muslimah yang sedang bepergian sangat dianjurkan. Karena ada beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh jika membawa mukena saat keluar rumah. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Tidak menunda-nunda waktu shalat

Terlalu sering berada di luar rumah, tidak pernah membawa mukena, sholat selalu akhir daripada berebut dengan yang lain. Jadi, alangkah lebih baiknya kita selalu sediakan mukena di tas agar lebih mudah saat waktu sholat tiba, ga pake lama, ga pake ribet, sholat tepat waktu.

2. Tidak berebut mukena dengan orang lain

Sudah pasti dengan membawa mukena sendiri kita tidak lagi berebut mukena dengan orang lain. Sehingga kita akan lebih tenang tanpa memikirkan orang lain saat beribadah.

3. Lebih nyaman dan khusyu dalam ibadah

Coba kita bayangkan jika sholat dengan menggunakan mukena yang tidak terawat kebersihannya di tempat-tempat umum. Pasti sholatnya terburu-buru, tidak khusyu dan kurang nyaman. Karena biasanya bau dan sudah kotor karena tidak terawat. Dengan membawa mukena sendiri, sudah pasti sholat kita akan lebih khusyu, tenang dan nyaman.

4. Tidak tergesa-gesa dalam ibadah

Jika menggunakan mukena yang telah disediakan di mushola atau masjid, saat hendak sholat kita akan menunggu antrian, setelah itu sholat dengan terburu-buru atau tergesa-gesa karena banyak orang lain yang sudah menunggu.

5. Dapat melaksanakan sholat dimanapun

Ketika waktu sholat telah tiba dan kita tidak bertemu dengan mushola atau masjid, maka kita bisa melaksanakan sholat dimanapun. Tidak ada alasan bagi kita untuk meninggalkan sholat. Sering kita temui masalah seperti ada mushola atau masjid tapi tidak ada mukena. Sehingga membawa mukena merupakan salah satu antisipasi bagi muslimah untuk tetap melaksanakan ibadah wajib ini tanpa penghalang.

Nah, itulah kenapa setiap kali beraktivitas di luar rumah atau sedang bepergian jauh, sangat dianjurkan bagi Muslimah untuk selalu membawa peralatan wajib yakni mukena. Karena selain untuk kenyamanan dalam ibadah, kita juga dapat lebih khusyu dalam melaksanakan sholat. Semoga artikel tentang Inilah Alasan Mengapa Muslimah Dianjurkan Membawa Mukena dapat bermanfaat bagi para muslimah. Terimakasih 🙂

Baca juga:

Facebook Comments