18 Ayat Tentang Sabar Lengkap Beserta Terjemahannya

Posted on

18 Ayat Tentang Sabar Lengkap Beserta Terjemahannya – Sabar merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat disukai oleh Allah dan Rasulullah. Sabar ialah mampu menahan diri dari segala sesuatu yang tidak disukai karena mengharap ridha dari Allah SWT. Mampu menghadapi segala cobaan dan ujian dari Allah SWT. tanpa mengeluh dan menerimanya dengan penuh kesabaran.

Ada banyak ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang seputar sabar. Yang kita sering ketahui bahwa Allah SWT. akan selalu bersama dengan orang-orang yang sabar. Untuk mengetahui lebih banyak tentang dalil atau ayat yang berkaitan dengan sabar, silakan simak dan baca sampai selesai artikel berikut ini.

Ayat-ayat Tentang Sabar

Surat Ar-Ra’d Ayat 22

Artinya: “Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik)“.

Surat Ali ‘Imran Ayat 146

Artinya: “Allah menyukai orang-orang yang sabar“.

Surat Ali ‘Imran Ayat 200

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung“.

Surat An-Nahl Ayat 96

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan“.

18 Ayat Tentang Sabar Lengkap Beserta Terjemahannya

Surat An-Nahl Ayat 126

Artinya: “Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar“.

Surat Hud Ayat 11

Artinya: “Kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana), dan mengerjakan amal-amal saleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar“.

Surat Al-Baqarah Ayat 153

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar“.

Surat Al-Baqarah Ayat 155-156

Artinya: “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun (sesungguhnya kami milik Allah dan hanya kepada-Nyalah kami kembali)“.

Surat Al-Baqarah Ayat 177

Artinya: “Dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa“.

Surat Az-Zumar Ayat 10

Artinya: “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas“.

Surat Al-Furqan Ayat 75

Artinya: “Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya“.

Surat Asy-Syura Ayat 43

Artinya: “Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan“.

Surat Al-Insan Ayat 24

Artinya: “Maka bersabarlah kamu untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antar mereka“.

Surat Al-Kahf Ayat 28

Artinya: “Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya“.

Surat Muhammad Ayat 31

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu, dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu“.

Surat Thoha ayat 132

Artinya: “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa“.

Surat Al-Ahqaf Ayat 35

Artinya: “Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari kalangan rasul-rasul dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka“.

Surat Al-A’raf Ayat 126

Artinya: “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)“.

Itulah beberapa ayat Al-Qur’an yang berkenaan dengan sabar. Masih banyak lagi ayat yang menjelaskan tentang keutamaan sabar, pahalanya orang yang bersabar, janji Allah terhadap orang-orang yang sabar dan lain sebagainya.

18 Ayat Tentang Sabar Lengkap Beserta Terjemahannya ini hanyalah sebagian dari ayat-ayat yang berkaitan dengan sabar. Semoga ayat-ayat yang telah disebutkan diatas dapat bermanfaat bagi kita untuk menambah keimanan dan sebagai sarana untuk berdakwah ataupun kepentingan lainnya. Sekian terimakasih 🙂

Silakan Baca Juga:

Facebook Comments