15 Hadits Tentang Puasa Terlengkap

Posted on

15 Hadits Tentang Puasa Terlengkap – Sebelumnya telah dibahas mengenai ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan puasa. Untuk melengkapinya, catatanmuslimah.com kembali dengan tema yang masih berkaitan dengan puasa yaitu hadits-hadits mengenai puasa.

Jika ditulis semua dalil atau ayat maupun hadits tentang puasa ini sangat banyak sekali. Namun disini penulis akan memposting hanya 15 hadits tentang puasa yang sering kita dengar. Berikut hadits-hadits tentang puasa.

Hadits Tentang Puasa Terlengkap

Dari Abu Hurairah ra., bahwa Nabi SAW. bersabda:

hadits bau mulut

Artinya: “Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau misk atau kasturi. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

s3

Artinya: “Puasa dan Al-Qur’an itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat. Puasa akan berkata, ‘Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan aku untuk memberikan syafaat kepadanya’. Dan Al-Qur’an pula berkata, ‘Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, karenanya perkenankan aku untuk memberi syafaat kepadanya’. Beliau bersabda: ‘Maka syafaat keduanya diperkenankan’.” (HR. Ahmad, Hakim dan At- Thabrani)

15 Hadits Tentang Puasa Terlengkap
15 Hadits Tentang Puasa Terlengkap

hadits puasa 1

Artinya: “Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadan dengan keimanan dan niat yang baik, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari)

hadits puasa 2

Artinya: “Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berhari rayalah karena melihatnya, jika hilal hilang dari penglihatanmu maka sempurnakan bilangan Sya’ban sampai tiga puluh hari.” (HR. Bukhari)

ssss

Artinya: “Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan oleh-Nya.”

s2

Artinya: “Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil dan do’a orang yang dizholimi.” (HR. Ibnu Majah, Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

hadits

Artinya: “Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim)
hadits puasa 3Artinya: “Siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”

hadits puasa 7

Artinya: “Puasa adalah perisai. Maka janganlah dia berkata-kata kotor dan berbuat bodoh. Apabila ada orang lain yang memerangi atau mencacinya, hendaklah dia katakan: ‘Aku sedang puasa’ (dua kali). “(HR. Bukhari)

hadits puasa 4

Artinya: “Bagi orang berpuasa ada dua kebahagiaan: yaitu kebahagiaan ketika berbuka dan ketika berjumpa Rabbnya, bahagia karena puasanya.” (HR. Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, An-Nasai dan Ibnu Hibban)

hadits puasa 5

Artinya: “…Beritahukanlah kepadaku puasa yang diwajibkan Allah kepadaku. Beliau (Rasulullah) menjawab: puasa di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

hadits puasa 6

Artinya: “Fitnah atau dosa pada diri seseorang karena keluarga, harta, atau tetangganya akan terhapus dengan sholat, puasa dan sedekah.” (HR. Bukhari)

hadits puasa 8

Artinya: “Sesungguhnya di surga terdapat sebuah pintu yang bernama ar-Royyan. Orang-orang yang berpuasa akan memasukinya pada hari kiamat. Tidak ada seorangpun yang memasukinya selain mereka. Akan ada yang berseru: ‘Manakah orang-orang yang berpuasa?’. Maka bangkitlah mereka. Dan tidak akan memasukinya selain mereka. Apabila mereka telah masuk, maka pintu itu akan ditutup sehingga tidak akan ada lagi yang masuk melewatinya seorang pun.” (HR. Bukhari)

hadits puasa 9

Artinya: “Apabila bulan Ramadhan telah masuk dibukakanlah pintu-pintu langit dan dikunci pintu-pintu Jahannam, dan syaitan-syaitan pun dirantai.” (HR. Bukhari)

hadits tentang hal yang membatalkan puasa

Artinya: “Barang siapa lupa sedangkan ia dalam keadaan puasa. kemudian ia makan atau minum, maka hendaklah puasanya disempurnakan, karena sesungguhnya Allah-lah yang memberinya makan dan minum.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah 15 Hadits Tentang Puasa Terlengkap yang bisa penulis sampaikan, semoga puasa di bulan Ramadhan kali, kita semua dapat memetik hikmah dan berkahnya. Selamat menunaikan ibadah puasa 🙂

Baca Juga:

Facebook Comments