Inilah 7 Keutamaan Dan Manfaat Puasa Di Bulan Ramadhan

Posted on

Inilah 7 Keutamaan Dan Manfaat Puasa Di Bulan Ramadhan – Banyak sekali keutamaan puasa di bulan Ramadhan yang sangat dahsyat dan juga manfaatnya bagi kesehatan tubuh serta hikmah yang dapat diperoleh dari puasa satu bulan penuh. Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah wajib yang hanya datang dalam satu tahun sekali yakni pada bulan Ramadhan.

Sesaat lagi bulan kemuliaan itu (Ramadhan) akan segera tiba, saatnya untuk kita umat Muslim mempersiapkan diri, kesehatan, mental dan iman yang kuat untuk menjaga segala amal ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan nanti.

Dalam pembahasan kali ini, catatanmuslimah.com akan mengupas tentang keutamaan puasa Ramadhan dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Keutamaan Puasa Ramadhan

Ramadhan memiliki banyak keutamaan yang sangat luar biasa yang tidak ada didalam bulan-bulan lainnya. Begitupun puasa pada bulan Ramadhan sangat banyak sekali keutamaannya, diantaranya yaitu:

1. Puasa sebagai perisai dari api neraka

Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka.” (HR. Ahmad dan Baihaqi)

2. Memperoleh limpahan pahala yang tak terhingga

Karena ketika menjalankan puasa, segala apapun kebajikan yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, tidurnya orang yang berpuasa pahala, sholatnya, menahan amarahnya, sedekahnya, membaca Al-Qur’an, dan ibadah serta kebajikan lainnya berlipat ganda pahala yang diberi Allah SWT.

3. Mendapat ampunan dari Allah SWT

Bagi orang yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan ikhlas akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT. atas segala dosa-dosanya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW. yang artinya: “Barangsiapa orang yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ridha dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Disediakan Surga bagi orang-orang yang berpuasa

Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama Ar-Royyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Bau mulutnya orang berpuasa lebih harum daripada minyak kasturi di sisi Allah SWT

Dari Abu Hurairah ra., bahwa Nabi SAW. bersabda:

hadits bau mulut

Artinya: “Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau misk atau kasturi. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Memperoleh syafaat

Bagi yang menjalankan puasa pada bulan Ramadhan, maka puasa itulah yang akan memberikan syafaat bagi yang menjalankannya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

s3

Artinya: “Puasa dan Al-Qur’an itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat. Puasa akan berkata, “Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan aku untuk memberikan syafaat kepadanya”. Dan Al-Qur’an pula berkata, “Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, karenanya perkenankan aku untuk memberi syafaat kepadanya”. Beliau bersabda: “Maka syafaat keduanya diperkenankan.” (HR. Ahmad, Hakim dan At- Thabrani)

7. Orang yang berpuasa akan merasakan nikmatnya kemenangan

Hanya orang yang benar-benar ikhlas menjalankan segala amal ibadah serta puasa di bulan Ramadhan yang akan memperoleh dan merasakan nikmatnya sebuah kemenangan. Kemenangan yang diperoleh yakni saat hari raya Idul Fitri. Nikmat yang dirasakan akan terasa berbeda dengan mereka yang tidak berpuasa atau berpuasa hanya setengah-setengah (bolong-bolong).

Inilah 7 Keutamaan Dan Manfaat Puasa Di Bulan Ramadhan
Inilah 7 Keutamaan Dan Manfaat Puasa Di Bulan Ramadhan

Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Ibadah puasa ini, selain suatu kewajiban bagi umat Islam yang Allah janjikan pahalanya yang besar serta bulan penuh berkah dan pengampunan, namun juga di sisi lain ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Diantaranya:

1. Meningkatkan sistem imun

Berpuasa dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kebal terhadap penyakit. Limfosit akan meningkat sampai 10 kali lipat saat sedang berpuasa, sehingga tubuh akan menjadi lebih kuat dan kebal dari serangan virus dan berbagai penyakit.

2. Menyehatkan ginjal

Ketika berpuasa, kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga fungsi ginjal akan berjalan dengan lebih maksimal dan tentunya menyehatkan. Karena fungsi ginjal bisa maksimal jika osmosis urin dalam tubuh sampai mencapai 1000 s/d 20.000 ml osmosis/kg air.

3. Terhindar dari kebiasaan buruk

Saat berpuasa tentu dengan tidak disengaja akan mengurangi asupan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Seperti merokok, mengkonsumsi cemilan yang terkadang justru berbahaya bagi kesehatan tubuh, kurang istirahat dan lain sebagainya. Jika kita berpuasa tentu kita menghabiskan waktu hanya untuk ibadah, sehabis buka puasa, lanjut sholat tarawih, kemudian tadarusan, istirahat, sahur, sholat shubuh, maraton atau olahraga dan melanjutkan aktivitas harian dengan lebih bersemangat.

4. Menetralkan racun didalam tubuh

Selama berpuasa, tubuh akan melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan racun didalam tubuh melalui sistem pencernaan.

Selain itu masih banyak manfaat lainnya yang diperoleh bagi orang-orang yang berpuasa seperti meningkatkan fungsi otak, mengontrol berat badan, memperbaiki sistem pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan lain sebagainya.

Nah itulah pembahasan mengenai Keutamaan Dan Manfaat Puasa Di Bulan Ramadhan, semoga bermanfaat dan memberikan semangat baru untuk berlomba-lomba dalam meraup pahala di bulan ramadhan dengan berpuasa dan melakukan amalan-amalan lainnya. Untuk mengetahui artikel yang masih berkenaan dengan Ramadhan silakan baca juga artikel berikiut ini:

Facebook Comments