Sifat Dan Ciri-Ciri Anak Sholeh Yang Membanggakan

Posted on

Sifat Dan Ciri-Ciri Anak Sholeh Yang Membanggakan – Sudahkah kita termasuk golongan anak-anak yang sholeh dan shalihah?. Bagi kedua orangtua, harta yang paling utama dan sangat berharga adalah memiliki anak yang sholeh dan shalihah. Bukan harta benda, jabatan tinggi juga bukan anak yang cantik rupawan yang bisa membanggakan kelak sampai diakhirat. Hanya amal kebaikan, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh lah yang  mampu mengangkat derajat kita kelak di akhirat.

Sebagai seorang anak yang sayang pada kedua orangtuanya, berikanlah sesuatu yang dapat membanggakan mereka di dunia dan menyelamatkan mereka di akhirat nanti. Karena hanya doa-doa dari anak yang sholeh yang mampu menyelamatkan mereka dan sampai kepada Allah SWT.

Baca juga: 15 Tips Dan Cara Mendidik Anak Secara Islami

Jadi, janganlah berbangga diri jika kita atau anak kita belum menjadi anak yang sholeh. Lalu apa saja kriteria dan sifat anak-anak sholeh? Berikut selengkapnya.

Sifat Dan Ciri-Ciri Anak Sholeh

Sebesar apapun kita membalas kasih sayang kedua orangtua kita, tidak akan pernah bisa terbalaskan dengan sesuatu apapun. Dalam Islam, anak yang sholeh merupakan anugerah terbesar dan harta paling berharga bagi ibu bapaknya. Untuk menjadikan sang anak agar sholeh dan shalihah tidak terlepas dari peran kedua orangtuanya dalam membentuk karakter, mendidik, membimbing dan mengarahkannya sesuai dengan syariat agama Islam.

Adapun sifat dan karakter anak sholeh dan shalihah diantaranya adalah:

Beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Ini adalah dasar atau pondasi pertama seorang anak yang termasuk golongan anak yang sholeh. Sudah pasti terlihat secara kasat mata dalam kehidupannya sehari-hari. Orang yang mengakui, meyakini dan percaya serta bertaqwa kepada Allah SWT. Beriman dan beraqidah secara sempurna.

Cinta kepada Allah dan Rasul-Nya. Mencintai Allah dengan tidak menduakannya dan mengikuti apa yang telah diperintahkannya serta menjauhi apapun yang telah dilarang-Nya. Mengikuti sunnah-sunnah Rasul, bersholawat kepada Rasul, dan selalu merindukan Rasul beserta keluarga dan para sahabatnya.

Menjaga sholat dan ibadahnya. Anak-anak sholeh terlihat dari bagaimana ia menjaga sholatnya, mendirikan sholatnya dengan penuh kekhusyuan, tuma’ninah atau tidak terburu-buru dalam sholat, memperbanyak ibadah sunnah, seperti sholat sunnah, puasa sunnah, menghidupkan malam-malam untuk beribadah, membaca dan menghafalkan Al-Qur’an serta mengamalkannya. Dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Tips Mengajarkan Anak Menghafal Al-Qur’an Sejak Usia Dini

Berbakti kepada kedua orang tuanya.  Seperti menghormati keduanya, berbuat baik, sopan santun, ramah, patuh pada perintah keduanya selagi tidak bertentangan dengan ajaran Islam, lemah lembut dalam bertutur kata, tidak membentaknya apalagi sampai menyakiti hatinya, membantu apa yang dibutuhkan mereka, sabar dan mampu menahan amarah menghadapi keduanya saat mereka renta, tidak menyia-nyiakan kerja keras mereka untuk kita, merawat mereka saat usianya telah menua, dan lain sebagainya.

Cinta terhadap ilmu.  Tidak pernah puas terhadap ilmu yang telah didapatkan, selalu haus akan ilmu agama. Untuk menjadikan anak yang cinta pada ilmu dan haus akan ilmu itu juga tidak terlepas dari arahan dan didikan kedua orangtuanya. Pesantrenkan anak agar memiliki ilmu agama yang memadai, karena disanalah salah satu madrasah yang cukup baik untuk menjadikan anak yang sholeh sholihah.

Selalu mendoakan kedua orang tuanya. Betapa bahagianya orang tua yang memiliki anak sholeh, selalu mendoakan kala orangtuanya masih hidup maupun sudah tiada. Doa anak yang sholeh akan terijabah. Ketika manusia telah mati, semua perkara akan terputus kecuali hanya 3 yakni: amal jariyah, ilmu yang berguna dan doa anak yang sholeh. Maka, sebagai orangtua tugas utamanya adalah menjadikan anak-anak agar sholeh dan shalihah.

Baca juga: Inilah Pentingnya Mencetak Generasi Sholeh Dan Sholehah

Berkhlakul karimah. Anak-anak yang sholeh memiliki akhlak mulia, bermoral dan berprilaku terpuji. Seperti berbuat baik kepada orang lain (tetangga, teman, guru, dls), jujur dalam berkata, mudah memaafkan, tidak sombong, dapat dipercaya, santun dalam berbicara, menghargai orang lain dan lain sebagainya.

Sifat Dan Ciri-Ciri Anak Sholeh Yang Membanggakan
Sifat Dan Ciri-Ciri Anak Sholeh Yang Membanggakan

Doa Agar Memiliki Keturunan Sholeh

Untuk para orangtua, yuk kita amalkan doa-doa berikut ini. Semoga mendapat keturunan yang sholeh dan shalihah.

Doa meminta anak sholeh 1

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.” 

Doa meminta anak sholeh 2

Artinya: ” Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang shaleh.”

Doa meminta anak sholeh3

Artinya: ” Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

Nah itulah sekilas pembahasan tentang Sifat Dan Ciri-Ciri Anak Sholeh Yang Membanggakan bagi orangtua. Tidak ada hal lain yang mampu menolong kita sebagai orangtua kelak di yaumil akhir selain doanya anak yang sholeh, amal jariyah dan ilmu yang bermanfaat. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan semoga keturunan kita termasuk kedalam golongan orang-orang sholeh. Aamiin.

Facebook Comments