Kisah Nabi Adam Dan Siti Hawa Terlengkap

Posted on

Kisah Nabi Adam Dan Siti Hawa Terlengkap – Siapa yang tidak mengenal nama Nabi Adam as.? Beliau adalah manusia pertama yang diciptakan Allah SWT dan sekaligus nabi pertama di muka bumi ini. Kita semua umat manusia berasal dari Nabi Adam as., bukan dari makhluk lainnya. Kisah singkatnya akan uraikan dalam pembahasan berikut ini.

Kisah Nabi Adam Dan Siti Hawa Terlengkap

Nabi Adam as. disebut sebagai bapak manusia, karena dari beliaulah asal muasal keturunan semua manusia, bukan dari kera seperti pendapat para ilmuan. Sebelum Nabi Adam diciptakan, Allah telah menciptakan terlebih dulu bangsa Jin dari api yang sangat panas. Seperti dalam QS. Al-Hijr ayat 27 Allah berfirman yang artinya: “Kami telah menjadikan, sebelum manusia, dari api yang sangat panas.”

Kisah Nabi Adam Dan Siti Hawa Terlengkap
Kisah Nabi Adam Dan Siti Hawa Terlengkap

Setelah Allah menjadikan Nabi Adam, kemudian Allah memerintahkan kepada semua malaikat, jin dan iblis untuk bersujud, seketika itu hanya yang iblis tidak mau bersujud karena sombong dan congkak. Iblis merasa dirinya lebih hebat, lebih baik  dan lebih mulia dari Nabi Adam, karena Nabi Adam diciptakan dari tanah, sedangkan iblis dari api yang sangat panas. Hal ini diabadikan dalam QS. Al-Baqarah ayat 34:

Al-Baqarah ayat 34

Artinya: “Ingatlah ketika Allah berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu sekalian kepada Adam!” Maka bersujudlah semua malaikat kecuali iblis, ia enggan dan sombong, maka dia adalah termasuk golongan yang kafir.”

Kisah Nabi Adam Dan Siti Hawa

Nabi Adam merasa kesepian di dalam surga, akhirnya Allah menciptakan seorang wanita yang dijadikan pendamping Nabi Adam yakni Siti Hawa. Dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 35 Allah berfirman:

al baqoroh ayat 35

Artinya: “Dan Kami berfirman: “Hai Adam, diamlah engkau dan isterimu (Hawa) di dalam surga, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang dzalim.”

Sejak Iblis terusir dari surga, Iblis berusaha menggoda dan memperdaya Nabi Adam dan Siti Hawa agar agar mereka melanggar perintah Allah. Diawali dengan Siti Hawa yang mendekati pohon dan memakan buah khuldi. Sampai pada akhirnya mereka berdua dikeluarkan dari surga. Dan bumi inilah menjadi tempat kediaman mereka, beranak cucu sampai kepada kita saat ini.

Nabi Adam dan Hawa akhirnya menangis menyesali perbuatannya dan bertaubat kepada Allah SWT. Dalam surat Al-Baqarah ayat 37 Allah berfirman yang artinya: “Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Ketika mereka diturunkan ke bumi, pakaiannya yang bagus-bagus terlepas sehingga mereka menutup auratnya dengan daun-daun. Mereka terpisah dengan jarak yang cukup jauh. Sampai mereka saling mencari satu sama lain dengan waktu yang sangat panjang. Di Padang Arafah lah mereka saling bertemu setelah lama terpisah.

Nabi Adam dan Siti Hawa sebagai manusia pertama dan nenek moyang kita telah melahirkan 11 kali, sepuluh kali melahirkan anak kembar laki-laki dan perempuan. Sementara yang terakhir ia hanya melahirkan satu anak laki-laki yang diberi nama Syits, yang kemudian menjadi seorang Nabi. Dengan demikian Nabi Adam dan Hawa memiliki 21 anak, sepuluh perempuan dan sebelas laki-laki.

Nabi Adam as. wafat dalam usia seribu tahun, dan setahun kemudian disusul oleh Siti Hawa. Sebagian riwayat mengatakan bahwa Nabi Adam di makamkan di Mekah berdekatan dengan makan istrinya. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dikatakan: “Sesungguhnya Allah SWT menciptakan Adam as. pada hari Jum’at, dan diturunkan ke muka bumi pada hari Jum’at. Begitu pula, Nabi Adam bertobat kepada Allah SWT setelah memakan buah terlarang pada hari Jum’at, dan Nabi Adam wafat pada hari Jum’at pula.”

Itulah kisah singkat abi Adam dan Siti Hawa. Pada pembahasan berikutnya akan dibahas tentang kisah anak Nabi Adam dan Hawa yakni Qabil dan Habil yang terjadi perselisihan diantara mereka sehingga salah satu darinya terbunuh oleh saudara kandungnya sendiri.

Semoga Kisah Nabi Adam Dan Siti Hawa Terlengkap dapat memberi manfaat dan menambah pengetahuan bagi kita yang membacanya. Sekian terimakasih 🙂

Facebook Comments