Tunjukkan 10 Sikap Baik Ini Di Depan Anak

Posted on

Tunjukkan 10 Sikap Baik Ini Di Depan Anak – Segala sikap dan perilaku serta kebiasaan orang tua sangatlah berpengaruh pada akhlak anak-anaknya. Oleh sebab itu, Islam mengajarkan banyak hal tentang cara mendidik anak. “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya“, itulah pepatah yang mengibaratkan seorang anak tidak akan jauh perilakunya dari orang tuanya. Banyak orang tua yang masih membiasakan sikap dan perilaku buruknya diperlihatkan kepada anak-anaknya. Sehingga anak akan menyerap segala apa yang dilihatnya dan akan dilakukannya.

Tunjukkan 10 Sikap Baik Ini Di Depan Anak
Tunjukkan 10 Sikap Baik Ini Di Depan Anak

Ada beberapa sikap baik yang harus ditunjukkan di depan anak-anak, agar anak lebih menghormati orang tuanya, memiliki akhlak dan sikap yang baik, serta dapat membangun kepribadian yang positif pada diri anak.

Tunjukkan 10 Sikap Baik Ini Di Depan Anak

Sikap baik ini hendaklah diperlihatkan dan ditunjukkan di depan anak.

  • Menjaga ucapan

Ucapan orang tua ini sangat berpengaruh terhadap akhlak sang anak. Jika orang tua terbiasa berbicara dengan nada tinggi, bahasa kotor dan tidak tepuji serta ucapan-ucapan yang tidak baik  dan tidak layak di didepan anak, maka anak secara tidak langsung akan terbentuk dengan akhlak yang buruk. Ia akan mengikuti bahasa orang tuanya dan menerapkannya. Oleh karena itu, jagalah lisan dari ucapan-ucapan yang tidak baik, seperti yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, banyak ibu atau ayah yang memarahi anaknya dengan sebutan yang tidak baik dan tidak seharusnya di ucapkan pada anak. Sering membicarakan keburukan orang lain di depan  anak atau menggibah dan lain sebagainya.

  • Lemah lembut & tidak kasar pada siapapun

Biasakan untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik, terlebih jika kita telah menjadi orang tua. Apapun yang ada pada diri kita, akan terserap dan dinilai oleh anak-anak. Bersikap lembutlah pada siapapun, tidak kasar baik pada pasangan, anak maupun orang lain.

  • Rajin membaca

Sejak kecil anak harus terbiasa melihat kebiasaan baik orang tuanya, salah satunya adalah membaca buku. Anak akan mengikuti jejak dan hobi yang baik dari orang tuanya. Ia akan mengikuti kesenangan untuk selalu membaca buku . Jika ingin anaknya menjadi seorang pecinta ilmu, tanamkanlah pada diri Anda sendiri untuk mencintai sesuatu yang baru dan pengetahuan yang luas dengan membaca buku.

  • Rajin beribadah

Rajin dalam melakukan ibadah hendaklah diperlihatkan pada anak. Kebiasaan orang tua yang rajin dalam melakukan ibadah ini bukan termasuk dalam hal riya’, namun bagian dari cara mendidik anak agar anak taat dan terbiasa melakukan ibadah. Contohnya sholat, membaca Al-Qur’an, bersholawat, berdzikir, melakukan sholat sunnah, puasa sunnah, dan lain sebagainya.

  • Jangan bertengkar dengan pasangan di depan anak

Menjaga keharmonisan rumah tangga tidaklah mudah. Banyak sekali masalah dan perselisihan yang terjadi silih berganti. Namun, usahakan jangan pernah bertengkar dengan pasangan di hadapan anak-anak. Karena jika anak sering melihat pertengkaran orang tuanya, maka hatinya akan sangat terluka, terpukul dan bahkan bisa trauma serta dapat mempengaruhi mentalnya. Banyak dampak buruk lainnya yang bisa terjadi pada anak jika orang tua sering bertengkar di depan mereka atau mereka mendengar pertengkaran orang tuanya.

  • Menjaga penampilan

Orang tua merupakan cerminan bagi anak, dalam hal apapun termasuk dalam mejaga penampilan. Orang tua yang menjaga penampilannya seperti menjaga kerapihan rambutnya (bagi seorang ayah), menjaga kebersihan badan dan pakaiannya serta menjaga keceriaan wajahnya. Secara tidak langsung telah memberikan contoh pada anak-anaknya tentang kerapihan dan kebersihan.

  • Bersikap tegas dan penuh wibawa

Usahakan jangan terlalu memanjakan anak, boleh dan tidak dilarang memanjakan anak, namun tetap di sisi lain orang tua harus menujukkan sikap ketegasannya. Seperti contoh, saat anak menginginkan sesuatu (bermain, membeli makanan, berlibur bersama teman, dll) tidak selamanya orang tua meng”iya“kan apa yang anak inginkan. Berikan ketegasan pada anak, agar anak terbiasa dengan didikan baik tersebut sehingga ia bisa lebih mandiri, bisa menahan emosi, bisa belajar sabar dan tidak lemah. Dibalik ketegasan tersebut, orang tua juga telah menunjukkan kewibawaannya di hadapan anak. Sehingga anak akan lebih hormat dan lebih segan serta takut jika melanggar aturan dan perintahnya.

  • Menolong dan membantu orang lain

Merupakan sikap dan perilaku terpuji yang harus dimiliki orang tua sebagai tauladan bagi anak-anaknya. Tunjukkan sikap ringan tangan pada anak-anak agar mereka terbiasa dan mengikuti akhlak baik ini.

  • Penuh kasih sayang

Bersikaplah dengan baik dan penuh kasih sayang didepan anak-anak. Maka anak-anak akan terbentuk karakternya untuk menjadi seorang yang penyayang. Jangan lalai dalam memberikan perhatian, kepedulian dan penuh tanggung jawab. Tunjukkanlah rasa dan sikap itu di hadapannya, agar anak mengetahui betapa besarnya rasa cinta dan kasih sayang orang tuanya pada dirinya.

  • Disiplin dalam hal apapun

Biasakanlah untuk bersikap disiplin penuh dalam hal apapun. Ajaklah anak untuk terjun di dalam kedisiplinan itu. Contohnya disiplin dalam memanage waktu, seperti bangun pagi langsung biasakan sikat gigi, berwudhu kemudian sholat berjamaah. Sehabis magrib tidak ada yang menghidupkan televisi maupun bermain gadget dan lain sebagainya, membiasakan untuk bermurojaah, mengaji, kumpul keluarga dan lain sebagainya. Disiplin dalam hal belajar, membantu pekerjaan rumah, tanggung jawab dan lain sebagainya. Disiplin ini akan membantu membentuk sikap dan karakter anak untuk menjadi orang yang lebih taat, patuh, bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

Itulah beberapa sikap terpuji yang dapat ditunjukkan dan diperlihatkan pada anak, karena hal-hal tersebut merupakan salah satu cerminan bagi anak-anak dalam membentuk karakternya. Semoga uraian diatas tentang Tunjukkan 10 Sikap Baik Ini Di Depan Anak dapat memberikan manfaat terutama bagi para orang tua. Sekian terimakasih 🙂

Facebook Comments