Inilah Penyebab Kulit Berminyak Dan Cara Mengatasinya

Posted on

Inilah Penyebab Kulit Berminyak Dan Cara Mengatasinya – Siapa sih yang tahan dengan kulit wajah yang mengkilap penuh dengan minyak dan lengket. Kecuali mengkilap karena kulit glowing yaa pasti banyak yang mendambakannya. Biasanya orang yang berjerawat cenderung memiliki kulit wajah berminyak. Kelebihan minyak pada wajah ini bisa juga mengakibatkan tumbuhnya komedo, jerawat dan kulit terlihat lebih kusam. Karena pori-pori terbuka lebar, sehingga memudahkan debu dan kotoran hinggap ke dalam pori-pori. Jika tidak cepat dibersihkan, maka akan menimbulkan masalah baru bagi wajah. Nah untuk itu, catatanmuslimah.com akan berbagi pengetahuan tentang penyebab utama kulit berminyak juga cara mengatasinya. Karena jika dibiarkan terus menerus, maka akan sangat mengganggu kulit wajah.

Penyebab Kulit Berminyak

Biasanya minyak berlebih pada wajah itu berada di sekitar area T, yakni jidat, hidung dan dagu. Terutama dibagian hidung. Lalu apa sih penyebab utama kulit berminyak ini. Yuk kita lihat selengkapnya dibawah ini.

Inilah Penyebab Kulit Berminyak Dan Cara Mengatasinya
Inilah Penyebab Kulit Berminyak Dan Cara Mengatasinya
  • Suka gonta-ganti kosmetik

Sepertinya hampir semua wanita rasa keingintahuannya terhadap kosmetik baru itu sangat tinggi, termakan iklan dan melihat orang lain lebih berhasil dalam soal perawatan kulit. Ini itu di coba, malah tidak sedikit kaum hawa yang tergiur dari bahasa-bahasa rayuan si penjual kosmetik dan iklan-iklan di media sosial tanpa mencari tahu kebenaran dari suatu produk kosmetik yang akan dipilihnya. Asli atau palsu, sudahkah resmi mengantongi izin edar dari BPOM. Nah, oleh karena itu jangan mudah tergiur dan coba-coba ya sahabat. Kasian kan kulit wajah bukannya semakin bagus, tapi semakin banyak mengeluarkan minyak-minyak berlebih.

  • Pola makan

Selain gonta-ganti kosmetik, ternyata pola makan juga mempengaruhi lho. Apalagi yang mengandung minyak dan lemak tinggi. Jadi, kurangi asupan makanan yang mengandung santan, minyak dan kadar lemak tinggi.

  • Sel-sel kulit mati

Sel kulit mati yang tidak terangkat, akan menyebabkan kulit terlihat kusam sehingga memudahkan kelenjar minyak terus memproduksi minyak secarara berlebih. Bertumpuknya kelenjar minyak dan sel-sel kulit mati akan menimbulkan tumbuhnya jerawat.

  • Keturunan

Faktor ini juga dapat menjadi pemicu seseorang memiliki kulit wajah berminyak. Keturunan juga dapat mewariskan sifat genetiknya (memiliki kelenjar minyak berlebih). Jika faktor ini yang menjadi penyebab utama, mungkin bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi herbal dari dalam yang dapat membantu dalam proses pencerahan dan bebas jerawat, sehingga minyak berlebihpun bisa diatasi.

  • Hormon

Pada saat memasuki usia remaja atau masa-masa puber atau menjelang haid pada seorang wanita akan mengalami ketidakseimbangan hormon, dimana hormon yang tidak seimbang ini bisa jadi penyebab timbulnya jerawat dan minyak berlebih pada kulit wajah.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Ada beberapa cara untuk mengatasi kulit wajah cenderung berminyak, diantaranya sebagai berikut:

  • Pilih kosmetik yang tepat

Memilih kosmetik yang tepat tidak  hanya untuk kulit berminyak, tetapi juga untuk semua jenis kulit. Jadi, kenali terlebih dahulu apakah kulit wajah tergolong berjerawat, berminyak, kering, sensistif atau normal. Setelah itu, cocokkan dengan jenis kosmetik yang tepat untuk kulitmu. Untuk kulit berminyak penggunaan bedak dan foundation harus lebih diperhatikan, sarannya sih jangan gunakan bedak padat dan gunakan pelembab yang ringan seperti moisturizer untuk kulit berminyak.

  • Gunakan paper oil

Gunakan kertas minyak sebagai alternatif yang tepat saat dalam acara-acara tertentu. Jadi, minyak berlebih pada wajah akan terangkat seketika. Namun, paper oil ini hanya membantu menghilangkan minyak berlebih hanya sesaat saja.

  • Rajin mencuci dan membersihkan muka

Mencuci muka dan membersihkannya tidak harus setiap saat, tetapi untuk seorang muslimah saat-saat menjelang sholat atau sebelum sholat adalah waktu yang tepat untuk membersihkan dan mencuci wajah dengan air juga toner. Debu dan kotoran yang menempel pada wajah akan hilang dan kemungkinan kecil akan meresap pada wajah yang dapat menimbulkan jerawat dan kulit brminyak. Untuk itu, rajin-rajinlah mencuci dan membersihkan kulit wajah. Terutama sehabis keluar atau outdoor yang memungkinkan wajah terkena banyak kotoran dan debu.

  • Minum air putih

Minum air putih sebanyak 2 liter setiap hari ternyata sangat banyak manfaatnya, selain untuk kesehatan tubuh, juga bisa menjaga kulit agar tetap sehat, lembab dan terlihat lebih segar sepanjang hari.

  • Menggunakan masker

Masker alami sangat baik digunakan untuk mencegah atau mengurangi kulit kusam akibat tumpukan minyak berlebih pada wajah. Seperti membuat masker yang terbuat dari timun, lemon, madu maupun pisang yang dpat membantu mengurangi kadar minyak pada wajah.

  • Hindari makanan berlemak

Seperti yan telah dijelaskan sebelumnya, bahwa makanan berlemak tinggi dapat menjadi pemicu tumbuhnya jerawat dan banyaknya kelenjar minyak. Oleh karena itu, kurangi dan hindari jenis makanan yang mengandung minyak dan lemak tinggi.

Setelah kita ketahui penyebab kulit berminyak dan cara mengatasinya.  Sekarang kita sudah paham kan bagaimana cara merawat kulit berminyak? Perlu diketahui juga bahwa dibalik kekurangannya ternyata orang yang memiliki kulit berminyak ini memiliki kelebihan yaitu cenderung lebih awet muda, kelembapan kulit wajahnya akan terjaga.

Semoga artikel kali ini mengenai Inilah Penyebab Kulit Berminyak Dan Cara Mengatasinya dapat bermanfaat. Baca juga artikel berkaitan tentang waspada terhadap kosmetik abal-abal dan ciri-ciri cream pemutih yang berbahaya. Sekian terimakasih 🙂

Facebook Comments