Nama-Nama Al-Qur’an Dan Penjelasannya Beserta Dalilnya

Posted on

Nama-Nama Al-Qur’an Dan Penjelasannya Beserta Dalilnya – Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam. Secara bahasa Al-Qur’an berarti bacaan. Sedangkan menurut istilah, Al-Qur’an adalah firman Allah SWT. yang diwahyukan kepada nabi Muhamad SAW. sebagai nabi akhiru zaman. Dinamakan sebagai Al-Qur’an karena merupakan kitab suci yang wajib dibaca, dipelajari, dan diamalkan serta dijadikan pedoman bagi kehidupan manusia.

Nama-Nama Al-Qur’an Dan Penjelasannya Beserta Dalilnya
Nama-Nama Al-Qur’an Dan Penjelasannya Beserta Dalilnya

Tujuan Al-Qur’an di turunkan yakni untuk menyempurnakan kitab-kitab terdahulu (Taurat, Zabur dan Injil). Sehingga Al-Qur’an telah sempurna dijadikan sebagai pedoman hidup Umat Manusia. Al-Qur’an juga memiliki nama lain yang cukup banyak. Adapun nama-nama itu akan dibahas berikut ini.

Nama-Nama Al-Qur’an Dan Dalilnya

Diantara nama-nama lain dari Al-Qur’an diantaranya:

  • Al-Kitab

Yang artinya buku atau kitab. Nama ini diambil dari firman Allah berikut ini.

Dalil al-kitab

Artinya: “Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa“. (QS. Al-Baqarah: 2)

  • Al-Furqan

Artinya pembeda. Maksudnya adalah Al-Qur’an menerangkan secara jelas mana yang benar dan mana yang salah. Nama ini diambil dari firman Allah berikut ini.

Dalil al-furqon

Artinya: “Maha suci Allah yang telah menurunkan Furqan (Al-Qur’an) kepada hamba-Nya (Muhamad), agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam”. (QS. Al-Furqan : 1)

  • Adz-Dzikru

Yang berarti peringatan. Al-Qur’an dikatakan Adz-Dzikru karena banyak ayat-ayatnya yang berisi peringatan kepada manusia. Nama ini diambil dari firman Allah yaitu:

Dalil ad-dzikru

Artinya: “Sesungguhnya kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan pasti Kami (pula) yang memelihranya“. (QS. Al-Hijr: 9)

  • Al-Huda

Artinya petunjuk. Al-Qur’an dikatakan Al-Huda karena ayat-ayatnya berisi petunjuk bagi manusia. Nama ini diambil dari firman Allah berikut ini.

Dalil Al-Huda

Artinya: “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia  dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil),…”(QS. Al-Baqarah: 185)

  • Al-Bayyinah

Artinya keterangan. Dikatakan Al-Bayyinah karena ayat-ayatnya berisi beberapa keterangan. Nama ini diambil dari firman Allah berikut ini.

Dalil Al-bayyinah

Artinya: “Orang-orang yang kafir dari golongan Ahli Kitab dan orang-orang musyrik tidak akan meninggalkan (agama) mereka sampai datang kepada mereka bukti yang nyata“. (QS. Al-Bayyinah: 1)

  • An-Nur

Berarti cahaya. Dikatakan An-Nur karena petunjuk-petunjuknya adalah sebagai penerang hati. Nama ini diambil dari firman Allah berikut ini.

Dalil An-Nur

Artinya: “…Barang siapa tidak diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah, maka dia tidak memiliki cahaya sedikitpun.” (QS. An-Nur: 40)

  • Asy-Syifa’ 

Artinya obat atau penyembuh. Nama ini diambil dari ayat berikut ini.

Dalil as-syifa

Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Yunus: 57)

  • At-Tanzil 

Artinya yang diturunkan. Nama ini Allah gunakan dalam firmanNya berikut ini.

Dalil at-tanzil

Artinya: “Dan sesungguhnya Al-Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam“. (QS. Asy Syu’ara’: 192)

Nah itulah beberapa nama lain Al-Qur’an yang Allah gunakan dalam firman-firmanNya. Masih banyak nama-nama lain yang tidak saya sebutkan dalam tulisan ini. Semoga tulisan mengenai Nama-Nama Al-Qur’an Dan Penjelasannya Beserta Dalilnya ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan sekian terimakasih 🙂

Baca Juga:

Facebook Comments