Ancaman Allah Terhadap Pelaku Riba Berdasarkan Ayat-AyatNya

Posted on

Ancaman Allah Terhadap Pelaku Riba Berdasarkan Ayat-AyatNya – Pada pembahasan sebelumnya, telah dibahas hadits-hadist tentang riba dan pengertian riba. Selanjutnya, catatanmuslimah.com kembali mengupas tentang riba berdasarkan Al-Qur’an. Didalam ayat-ayat Allah telah dijelaskan bahwa Allah mengancam keras terhadap para pelaku riba.

Ancaman Allah Terhadap Pelaku Riba Berdasarkan Ayat-AyatNya
Ancaman Allah Terhadap Pelaku Riba Berdasarkan Ayat-AyatNya

Ayat-Ayat Tentang Riba

Banyak ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang riba khususnya ancaman dan balasan Allah terhadap para pelaku riba.

  • Pemakan riba seperti orang yang kesurupan syetan pada hari kiamat

Pada hari kiamat Allah SWT menjadikan para pelaku riba tidak mampu berdiri kecuali seperti berdirinya orang-orang yang kesurupan syetan lantaran tekanan penyakit gila. Ini merupakan salah satu hukuman dan balasan bagi mereka yang tidak mau mengikuti aturan Allah dan ajaran Rasul. Balasan ini merupakan suatu kehinaan yang amat jelas.  Seperti dalam QS. Al-Baqoroh ayat 275 Allah berfirman:

QS. Al-Baqoroh ayat 275

Artinya: “Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu adalah disebabkan mereka (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba“.

  • Allah mengancam para pelaku riba sebagai penghuni neraka yang kekal

Orang yang tidak mau bertaubat dari riba setelah Allah mengharamkannya, maka ancamannya adalah api neraka. Dalam QS. Al-Baqoroh ayat 275, (lanjutan dari ayat pada point pertama) Allah berfirman:

QS. Al-Baqoroh ayat 275,

Artinya: “Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil atau memakan riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan), dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang mengulangi (mengambil atau memakan riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya“.

  • Harta riba terhalang dari berkah

Allah akan menghilangkan dan mengahapuskan keberkahan pada harta riba, sebagaimana firman_Nya dalam QS. Al-Baqarah ayat 276:

QS. Al-Baqarah ayat 276

Artinya: “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat dosa“.
Dalam ayat lain dikatakan bahwa Allah tidak akan menambah (pada harta riba).

QS. Ar-Rum ayat 39

Artinya: “Dan sesuatu (tambahan) yang kamu berikan agar dia menambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah“. (QS. Ar-Rum: 39)

  • Allah menyerukan perang kepada para pelaku riba

Sebagaimana Allah berfirman dalam QS.Al-Baqoroh ayat 278-279:

QS.Al-Baqoroh ayat 278-279

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan tinggalkanlah sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakannya, maka ketahuilah bahwa Allah dan Rasulnya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat maka bagimu pokok hartamu, kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya“.

Na’udzubillahi min dzalik. Inilah ancaman Allah yang sangat keras. Jika tidak mau bertaubat dari dari larangan Allah ini, maka kelak dihari kiamat akan diperangi Allah dan Rasulnya. Apakah kita mampu melawan kekuatan Allah? tidak kan? lalu masihkan kita menjalankan riba yang tanpa disadari adzabnya sangat pedih? Semoga kita semua Umat Nabi, selamat dan jauh dari larangan Allah ini, aamiin.

  • Allah mengancam dengan perjumpaan yang pasti dengan_Nya

Allah berfirman dalam QS.Al-Baqarah ayat 281 yang berbunyi:

QS.Al-Baqarah ayat 281

Artinya: “Dan peliharalah dirimu dari (adzab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya“.

Ayat ini jelas memberikan peringatan kepada para pelaku riba, agar senantiasa takut pada Allah, karena pada hari kiamat nanti semua manusia akan kembali pada Tuhannya, dan Allah akan menghisab segala apa yang telah dilakukannya.

  • Allah mengancam dengan api neraka

Dalam QS. Al-Imran ayat 130-131 Allah berfirman:

QS. Al-Imran ayat 130-131

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertaqwalah kamu kepada Allah agar kamu mendapat keuntungan. Dan peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang kafir. Dan taatilah Allah dan Rasul, agar kamu diberi rahmat“.

Itulah beberapa ayat Allah dalam Al-Qur’an tentang riba. Semoga ayat-ayat ini dapat memberikan pelajaran bagi kita dan bermanfaat bagi para pembaca khususnya. Demikian artikel tentang Ancaman Allah Terhadap Pelaku Riba Berdasarkan Ayat-AyatNya, mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan, sekian terimakasih 🙂

Silakan baca juga artikel terkait dengan pembahasan diatas:

Facebook Comments