7 Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

7 Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan Tubuh – Ternyata manfaat yang dirasakan bagi tubuh jika merutinkan mandi pagi sejak sebelum subuh sampai sebelum terbit matahari sangatlah luar biasa. Pada zaman dahulu, mandi sebelum sholat subuh sudah menjadi tradisi atau kebiasaan. Sehingga bisa kita lihat, mereka segar bugar sampai tua, semangatnya tinggi dan terlihat lebih sehat. Bedanya dengan zaman sekarang, kalau tidak karena tuntutan kerjaan atau sekolah, jarang yang membiasakan mandi pagi apalagi sebelum subuh. Dengan berbagai alasan, seperti nanggung, belum bangun, malas, ngantuk, dan lain sebagainya. Dalam kesempatan ini, catatanmuslimah.com akan mengupas tentang manfaat-manfaat mandi di pagi hari yang harus kita ketahui.

7 Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Mandi Pagi

Mandi sebelum sholat subuh bisa dinamakan juga mandi fajar. Setelah mandi biasanya Rasulullah SAW. langsung mengerjakan sholat sunnah fajar. Dengan mengguyurkan air ke seluruh tubuh setelah bangun dari tidur akan membantu melenyapkan rasa kantuk juga rasa malas, sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar dan pastinya lebih semangat dalam menjalankan ibadah. Jika tidak mandi, biasanya sholatnya sambil memejamkan mata dan terkadang suka salah bacaan karena tidak fokus dan konsen dalam menahan kantuk. Untuk itu Rasulullah mengajarkan kepada kita untuk melakukan apa yang beliau ajarkan seperti mandi di pagi hari sebelum sholat subuh. Lalu apa saja manfaat yang bisa kita rasakan? berikut manfaat selengkapnya:

  • Membantu melancarkan kerja otak dan saraf

Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Abdul Hamid Dayat dari Universitas Kairo, Mesir. Beliau menyatakan bahwa pada waktu fajar (sebelum subuh), gas O3 diudara sangat melimpah dan akan berkurang sedikit demi sedikit hingga matahari terbenam. Gas O3  tersebut sangat baik, karena dapat membantu kerja urat saraf, otak dan juga tulang. Sehingga beliau katakan bahwa mandi di pagi hari sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Begitupun dengan sebuah penelitian oleh Dr. Aru W. Sudoyo, MD yakni dokter spesialis penyakit dalam dari FK UI dan RS Medistra, yang mengatakan bahwa secara medis mandi pagi dapat membantu merangsang sistem peredaran darah dan mengaktifkan syaraf-syaraf.

  • Dapat menstabilkan suhu tubuh dan melancarkan pembuluh darah

Seperti yang diungkapkan oleh spesialis kulit dan kelamin Dr. Midi Hariyani, SpKK  dari klinik nusantara kuningan, bahwa mandi subuh dapat membantu membangunkan tubuh yang terlelap, dimana pada saat itu kondisi metabolisme tubuh sedang lambat. Sehingga suhu tubuh akan menjadi stabil, kerja jantung akan lebih bagus dan melancarkan pembuluh darah serta membuat kulit lebih segar. Akan tetapi, bagi mereka yang mengidap penyakit berat, sebaiknya jangan dipaksakan mandi dengan menggunakan air dingin, tapi gunakanlah air hangat sehingga tidak akan menimbulkan masalah baru bagi kesehatannya.

  • Dapat meredakan atau mengurangi depresi atau stress

Mandi dengan menggunakan air dingin juga dapat mempengaruhi kesehatan jiwa, yakni dapat menjadikan jiwa dan pikiran lebih tenang, lebih segar dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

  • Dapat membantu menurunkan resiko darah tinggi dan melancarkan sirkulasi darah

Seperti yang dikatakan oleh Frederic Premji seorang hypnotherapis dari The American Board Of Hypnotherapy, bahwa mandi dengan air dingin dapat membantu menurunkan resiko timbulnya hipertensi atau darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini terjadi karena air dingin dapat melancarkan sirkulasi darah keseluruh bagian organ tubuh.

  • Dapat meningkatkan kesuburan

Manfaat lainnya dari mandi di pagi hari dengan menggunakan air dingin adalah dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita sehingga akan berpengaruh pada tingkat kesuburan dan gairah seksualnya.

  • Dapat meningkatkan sel darah putih

Sel darah putih dalam tubuh akan meningkat jika merutinkan mandi dengan air dingin, karena sel darah putih dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga daya imun yang dimiliki akan menjadi penangkal bagi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

  • Dapat melembutkan dan menghaluskan kulit

Dengan berwudhu maka wajah kita akan bersinar, dengan membiasakan mandi subuh kulit tubuh akan terasa lebih halus dan lembut, karena jaringan-jaringan kulit lebih terpelihara.

Nah itulah beberapa manfaat mandi di pagi hari yang bisa kita ketahui bersama. Untuk lebih jelasnya, manfaat itu bisa kita rasakan sendiri jika kita melakukannya. Yang pasti badan akan terasa jauh lebih segaaar, sehat, bersemangat, energic, berpikiran positif dan membuat pikiran lebih tenang.

Demikianlah pembahasan mengenai 7 Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan Tubuh, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan terimakasih 🙂

Facebook Comments