Tips Merawat Rambut Bayi Secara Alami

Posted on

Tips Merawat Rambut Bayi Secara Alami – Bagi bunda terutama yang masih baru, pasti was-was dan takut jika si buah hati memiliki rambut yang tipis, merah dan tidak sehat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat rambut tumbuh sehat, subur, lebih tebal, lebat dan hitam terawat. Sangat tepat jika merawat rambut dilakukan sejak dini. Sehingga tugas ini menjadi tugas bunda dalam memberikan perawatan terbaik bagi si buah hati dengan menggunakan bahan-bahan yang aman dan tanpa efek samping.

Tips Merawat Rambut Bayi Secara Alami
Tips Merawat Rambut Bayi Secara Alami

Tips Merawat Rambut Bayi

Beberapa tips berikut ini bisa di coba dan di praktekkan karena sangat aman untuk digunakan pada kulit bayi yang cukup rentan dan bahan-bahannya pun mudah ditemukan dimana-mana. Berikut tips-tipsnya.

  • Kemiri

Sudah tidak asing lagi bahwa kemiri sangat berguna dalam melebatkan rambut, tidak hanya pada anak-anak tetapi juga orang-orang dewasa. Cara menggunakannya yaitu: ambil beberapa butir kemiri, goreng tanpa menggunakan minyak makan, tumbuklah hingga halus dan kemudian oleskan pada kulit kepala bayi secara merata. Setelah beberapa menit atau 15 menit, basahilah kepala bayi menggunakan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin sampai hasil yang diiinginkan tercapai.

  • Air pohon pisang

JIka menebang pohon pisang ambon atau yang lainnya, bisa dimanfaatkan air yang ada ditengah-tengah pohonnya sebagai salah satu cara alami yang digunakan untuk melebatkan rambut si kecil. Caranya, setelah bangun dipagi hari, saat embun-embun pagi masih segar, ambillah air embun yang ada dipohon pisang, lalu usapkan pada rambut si kecil dan pijat-pijat lembut di area kepalanya. Satu pohon pisang bisa digunakan untuk beberapa hari, Cara tersebut dilakukan saat pagi hari, saat embun pagi masih ada.

  • Air kelapa muda

Selain segar diminum dan dapat menyehatkan badan, ternyata air kelapa muda juga berkhasiat untuk menghitamkan dan melebatkan rambut. Caranya sama seperti membilas kepala dengan air ke saat mandi. Cukup sediakan air kelapa muda dan siramkan pada kulit kepala atau rambut si kecil lalu usap atau pijat secara lembut dan perlahan-lahan. Lakukan cara ini sesering mungkin atau setiap mandi.

  • Lidah buaya

Siapa yang tidak mengenal lidah buaya untuk perawatan rambut?. Lidah buaya memang cukup termasyhur dalam menumbuhkan rambut dan membuat rambut sehat, menguatkan akar rambut, serta dapat melebatkan dan meluruskan rambut. Caranya sangat mudah, ambil satu potong lidah buaya, kupas dan ambil saja gel air lendirnya, lalu oleskan pada kulit kepala bayi, pijat secara perlahan-lahan. Agar hasil maksimal, gunakan cara ini secara rutin pagi dan sore hari.

  • Minyak zaitun

Saat ini, minyak zaitun banyak ditemukan ditempat-tempat kosmetik. Minyak zaitun sangat berkhasiat dalam menyuburkan rambut dan agar akar rambut menjadi kuat. Pada si kecil, minyak zaitun dapat berguna untuk menumbuhkan rambut dan melebatkan rambut. Caranya cukup oleskan saja minyak zaitun secukupnya pada kulit kepala si kecil sebelum ia tidur secara merata dan bisa sekalian dioleskan pada alisnya juga bulu matanya agar tebal dan lentik.

  • Madu

Selain rasanya yang enak dan berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan otak kita, ternyata madu juga menyimpan rahasia dalam perawatan rambut sehat lho. Caranya cukup mudah, hanya dioleskan saja pada kulit kepala bayi secara menyeluruh dan setelah didiamkan beberapa menit atau 20 menit, bilas menggunakan air hangat. Hasilnya akan terlihat beberapa bulan kemudian, asal treatment ini rutin dilakukan sehingga akan membuat rambut si kecil menjadi tumbuh sehat, tebal, lembut, hitam dan kuat.

  • Daun seledri

Sudah dikenal sejak dahulu, bahwa daun seledri juga dapat digunakan untuk melebatkan rambut si bayi dan menyuburkan rambut setelah habis tercukur rambutnya. Cobalah untuk melakukannya demi si buah hati. Cukup dengan mengambilnya beberapa lembar dan remas-remas hingga halus, lalu usapkan pada kulit kepala si kecil dan tunggu beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Nah itulah beberapa tips yang mungkin bisa dicoba dan dilakukan di rumah karena bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan alami yang ada disekitar kita. Semoga berhasil ya bunda?

Sekian ulasan mengenai Tips Merawat Rambut Bayi Secara Alami, semoga dapat memberikan manfaat dan sekian terimakasih 🙂

Facebook Comments