Tips Dan Cara Memilih Daging Segar Dan Halal

Posted on

Tips Dan Cara Memilih Daging Segar Dan Halal – Woow… melihat daging yang beraneka ragam rasanya ingin mengolah semuanya, apalagi terkadang diskon di supermarket yang super gila-gilaan. Sahabat catatanmuslimah.com, kita harus bisa membedakan mana daging yang benar-benar segar dan halal untuk dikonsumsi. Nah kali ini kita akan membahas tentang tips-tips memilih daging yang segar dan halal. Berikut ulasan selengkapnya.

Tips Dan Cara Memilih Daging Segar Dan Halal
Tips Dan Cara Memilih Daging Segar Dan Halal

Tips Dan Cara Memilih Daging Segar Dan Halal

Seiring kenaikan permintaan pasar, biasanya jelang lebaran banyak sekali beredar daging haram. Harga yang semakin melambung tinggi dan sebagian pedagang berkompetisi dalam menjual daging yang haram. Mereka memanfaatkan keramaian dan kesempatan untuk bisa meraih keuntungan yang berlipat. Kelicikan semakin marak.

Banyak penjual yang menjual daging oplosan seperti daging sapi yang dioplos dengan daging babi hutan atau daging ayam (ayam duren) atau sapi yang sebelum disembelih diberi air minum secara berlebih untuk menaikkan beratnya atau dikenal dengan sapi glonggongan.

Sebagai keluarga Muslim hendaknya untuk lebih berhati-hati dan waspada jika berbelanja daging khususnya saat hari-hari besar. Lalu bagaimana cara mengenali daging halal dan segar yang bisa dilihat secara kasat mata, yuk kita lihat tipsnya berikut ini.

Daging Ayam biasanya dipasarkan dalam bentuk utuh atau karkas ayam (yang sudah dihilangkan kepala, kaki dan jeroannya). Untuk mengenali daging ayam yang segar dan halal cobalah tips berikut ini:

  • Sebelum membeli amati terlebih dahulu bagian lehernya, apakah dua bagian yang disyaratkan dalam penyembelihan sudah terputus atau tidak (untuk ayam utuh).
  • Untuk membedakan ayam dalam kondisi ayam yang sebelum disembelih normal atau bangkai diantaranya:
    Warna: Ayam normal memiliki warna yang cerah merah muda-putih merata pada semua bagian. Sedangkan ayam bangkai berwarna merah tua cenderung hitam dan tidak merata, terpusat pada bagian tertentu dan biasanya dibagian sayap.
    Tekstur daging: Ayam normal kenyal sedangkan ayam bangkai tekstur dagingnya lembek dan kulit mudah terkelupas.
    Aroma: Bau ayam normal biasa sedangkan ayam bangkai baunya menyengat.
    Sendi atau tulang: Ayam normal saat dipotong bersih sedangkan ayam bangkai saat dipotong keluar gumpalan darahnya.
  • Kulit karkas ayam yang baik berwarna putih atau sedikit kuning muda. Warna kulit karkas ayam yang terlalu kuning perlu diwaspadai, karena mungkin ayam tersebut sudah lama atau diberi pewarna sehingga terlihat seperti baru. Periksa juga apakah mudah terkelupas atau tidak.
  • Mata ayam yang sehat akan berwarna cerah dan jernih. Selain itu perhatikan apakah ada yang luka dibagian tubuh ayam, karena hal ini akan mempercepat terjadinya kontaminasi oleh mikoorganisme serta pembusukan.

Nah itulah beberapa Tips Dan Cara Memilih Daging Segar Dan Halal, semoga kita sebagai umat Muslim, bisa lebih waspada dan lebih hati-hati dalam memilih daging di pasaran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sekian terimakasih 🙂

Facebook Comments