14 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Posted on

14 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami РBau mulut itu merupakan salah satu yang membuat turunnya rasa percaya diri, bagaimana tidak? setiap hari kita selalu berinteraksi dengan orang-orang dan selalu berkomunikasi dengan mereka. Lalu bagaimana dengan mereka yang ada disekitar kita, merasakan aroma tak sedap dari setiap pembicaraan kita?, pasti sangat terganggu dan sangat tidak nyaman. Disini, catatanmuslimah.com akan berbagi tips buat para muslimah khususnya yang memiliki bau mulut tak sedap agar segera diatasi. Sebelum kita lebih lanjut dalam pembahasan ini, ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui penyebab bau mulut itu sendiri.

14 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami
14 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Bau mulut biasanya disebabkan karena: Adanya flak atau karang gigi, kurangnya menjaga kesehatan gigi, gigi berlubang, sariawan, makan atau mengkonsumsi makanan yang menghasilkan aroma tak sedap pada mulut seperti jengkol, pete, jaling dll.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Ada bererapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk menghilangkan bau mulut tak sedap. Diantaranya:

Rajin menggosok gigi

Minimal tiga kali dalam sehari. Ketika hendak tidur, bangun dari tidur dan sore hari sehabis mandi. Atau pagi hari, siang, sore dan malam hari.

Menggunakan obat kumur-kumur anti bakteri

Setiap sehabis sikat gigi, akan labih baik dilanjutkan dengan berkumur-kumur menggunakan obat anti bakteri atau anti septik, seperti listerin, albothyl, pepsodent mint dan lain sebagainya. InsyaAllah akan membantu mengurangi bau mulut, karena bakteri yang bersarang didalam mulut akan berkurang.

Memperbanyak minum air putih

Karena dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, maka mulut akan terhindar dari dehidrasi yang dapat menyebabkan mulut menjadi bau yang menyengat. Usahakan agar selalu terjaga dari dehidrasi.

Menjaga kesehatan gigi

Tidak hanya wajah yang harus dirawat, tapi gigi juga sangat penting untuk diberikan perhatian lebih. Jaga kesehatan gigi, terutama yang memiliki gigi berlubang, segera periksakan ke dokter gigi, labih baik untuk segera dicabut.

Membersihkan kotoran pada lidah

Bakteri tidak hanya hinggap pada gigi atau gusi saja, tapi juga bisa menempel pada lidah. Jika tidak dibersihkan, lama kelamaan bakteri tersebut akan membentuk lapisan pada lidah yang pada akhirnya dapat menimbulkan bau tak sedap. Gunakan alat pembersih lidah (scraper) yang telah dirancang khusus dan banyak ditemukan di pasaran.

Mengkonsumsi buah-buahan segar

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh saja, namun dengan mengkonsumsi buah akan terhindar dari bau tak sedap pada mulut. Seperti buah apel, stroberi, pir, jeruk, jambu biji, dan lain sebagainya. Vitamin C yang terkandung didalam buah dapat membunuh kuman atau bakteri didalam mulut.

Berkumur-kumur menggunakan air garam

Ini cara paling mudah, pasti di dapur banyak garam kan? cobalah beri air hangat secukupnya kemudian tambahkan sedikit garam, lalu berkumurlah, ulangi dan terus jadikan kebiasaan. Karena selain dapat menghilangkan bau mulut, berkumur menggunakan air garam juga dapat membunuh kuman penyebab sariawan lho.

Berkonsultasi dengan doker gigi

Semua cara sudah dilakukan tapi hasilnya masih saja, cobalah luangkan sedikit waktumu untuk memeriksakan kesehatan gigi kepada dokter spesialis gigi, siapa tahu ada kerusakan gigi atau ada masalah lain pada gigi Anda.

Berhenti merokok

Biasanya kaum pria lebih sering mengeluhkan bau mulut tak sedap yang diakibatkan dari merokok yang berlebihan. Memang tidak mudah untuk berhenti dari kebiasaan merokok, tapi cobalah untuk lebih menyadari bahwa kesehatan Anda itu lebih penting, dan agar orang-orang disekitar Anda merasa nyaman saat berbicara dengan Anda. Berusahalah untuk mengurangi kebiasaan merokok dan lebih baik lagi jika berhenti total dari kebiasaan merokok.

Gunakan permen mint

Dengan memakan permen mint, akan membantu Anda untuk memberikan napas yang lebih segar, walau hanya sesaat. Jika dalam waktu tertentu Anda membutuhkan kesegaran mulut saat berbicara pada orang banyak, bisa gunakan permen mint sebagai senjata dalam mengatasi bau mulut Anda.

Rajin minum susu

Susu kental manis juga dapat membantu mengurangi bau mulut, dan selain itu juga susu hasil fermentasi seperti yogurt dapat mengurangi jumlah bakteri yang ada didalam mulut.

Minum secangkir teh

Teh sekarang banyak dikemas dalam aneka ragam jenis nama, banyak ditemukan dimana-mana. Teh dapat menjadi pelindung gigi dan mengurangi plak pada gigi. Dengan meminum teh minimal dua cangkir teh dalam sehari akan meminimalisir bau tak sedap pada mulut Anda.

Makan beberapa butir beras

Ini merupakan cara orang-orang dulu yang digunakan jika mereka ingin menghilangkan bau mulut dari makanan yang dikonsumsi seperti, sehabis makan jengkol, jaling, petai dan lain sebagainya. Ternyata dengan memakan beberapa butir beras memang cukup ampuh menghilangkan bau mulut.

Jangan lupa untuk sarapan pagi

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh saja, ternyata sarapan pagi dapat mencegah terjadinya bau mulut, karena bakteri yang menumpuk saat malam hari akan mati karena produksi air liur meningkat didalam mulut.

Demikianlah pembahasan tentang 14 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami, semoga dapat membantu dalam menangani masalah kesehatan mulut Anda. Sekian terimakasih:)

Facebook Comments